• Selasa, 25 Januari 2022

MUI Mengharamkan Uang Kripto, Media Dunia Heboh

- Sabtu, 13 November 2021 | 12:00 WIB
 ( pixelbay  Karya TamimTaban )
( pixelbay Karya TamimTaban )

STRATEGI.ID - Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) mengharamkan uang Kripto sebagai alat pembayaran. Ketua MUI pun menjelaskan alasan diharamkannya uang Kripto dan atas pernyataan ini media di dunia heboh memmberitajkan Fatwa MUI terbaru ini.

Menurut MUI uang kripto mengandung gharar, dharar yang memiliki sesuatu yang tidak pasti, dan bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2021 dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 17 tahun 2015.

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Soleh menambahkan cryptocurrency juga tidak memenuhi syarat sil'ah secara syar'i, yaitu: ada wujud fisik, memiliki nilai, diketahui jumlahnya secara pasti, hak milik dan bisa diserahkan ke pembeli.

Baca Juga: Beli Oli Enduro Limited Edition Pertamina Mandalika, Bisa Dapat Merchandise Enduro Pertamina Mandalika

"Pertama, dari unsur syar'i tidak memenuhi, kedua dari sisi komuni atau perundangan ini tidak ada keabsahannya. Sebuah mata uang itu kan harus disepakati negara," kata Asrorun Niam, Kamis (11/11/2021) dalam sambungan telepon saat dihubungi rekan media.

Asrorun juga menyebut unsur gharar atau ketidakjelasan nilai membuatnya agak ragu dan mengenai potensi Kripto menjadi halal lagi setelah adanya regulasi dari pemerintah yang membuatnya menjadi lebih sah Dimata hukum

Baca Juga: Gempa magnitudo 5,1 Di Tapanuli Selatan , Masyarakat Agar Tetap Tenang

Atas Fatwa ini banyak media asing memberitakan dan menjadi permbicaraan di dunia sebab Indonesia sebagai negara dengan warga negara yang memiliki keyakinan Agama Islam terbanyak dan sangat memepengaruhi.

MUI, lembaga top ulama, menegaskan penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran adalah haram dalam Islam, namun memperdagangkan aset digital bisa saja diizinkan, kata salah satu pemimpinnya," seperti yang  dilaporan dari Reuters

Baca Juga: Penyakit Diabetes Penyebab Kematian Nomor 3 Di Dunia

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Data Masyarakat PBI Antar Kementerian Tidak Sinkron

Rabu, 24 November 2021 | 20:00 WIB

MUI Mengharamkan Uang Kripto, Media Dunia Heboh

Sabtu, 13 November 2021 | 12:00 WIB

LPEI Tingkatkan Devisa Bali dengan Garam Kusamba

Rabu, 10 November 2021 | 10:00 WIB

Jadikah Ibu Kota Pindah, Bagaimana Anggarannya?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:45 WIB
X