• Sabtu, 29 Januari 2022

Menkominfo Apresiasi Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Menkominfo Apresiasi Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat (Dok:Kominfo)
Menkominfo Apresiasi Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat (Dok:Kominfo)

STRATEGI.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi peran jurnalis di tanah air. Menurutnya, partisipasi aktif jurnalis penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Bahkan, telah banyak membantu memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.  

“Melalui beragam produknya, jurnalis dapat membantu narasi-narasi yang akurat, menumbuhkan optimisme, dan mencerdaskan masyarakat Indonesia," ujar Menkominfo dalam cara Puncak Anguerah Jurnalistik Kominfo 2021 yang diseleranggarakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/09/2021).

Baca Juga: KPK Lantik Direktur Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi

Mengingat arti penting peran jurnalis, Kementerian Kominfo tidak berhenti menyelenggarakan AJK sebagai kegiatan tahunan. Menurutnya, peran jurnalis dalam kolaborasi pentahelix nasional harus tetap digelorakan. 

“Oleh karenanya, Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021 dengan mengangkat tema “Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tegas Johnny G. Plate.

Baca Juga: KPK Tetapkan 10 Tersangka Korupsi Pengadaan dan Pengesahan Anggaran

Menkominfo menjelaskan pada AJK tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah mengajak serta para jurnalis di seluruh Indonesia untuk turut membangun narasi besar “Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menuju Masyarakat Produktif”. 

Dalam pandangan Menkominfo, dampak pandemi yang dipotret dan didiseminasi dari perspektif jurnalis dinilai telah mendorong masyarakat tetap produktif di tengah krisis yang menyerang hampir semua sektor kehidupan. 

Baca Juga: Advance Intelligence Group Mengumumkan Pendanaan Putaran Seri D Senilai USD 400 juta+

“Bahkan, selama pandemi Covid-19, masyarakat telah bermigrasi dari ruang fisik ke ruang digital, memanfaatkan berbagai platform digital untuk membangkitkan perekonomian bangsa,” papar Johnny G. Plate.

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor Universitas Moestopo Gelar Pameran Lukisan

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:00 WIB

Manfaat Akar Bahar Baik Untuk Kesehatan dan Mistik

Selasa, 30 November 2021 | 21:00 WIB
X