• Selasa, 25 Januari 2022

Makna Hari Raya Galungan bagi Umat Hindu Bali

- Rabu, 10 November 2021 | 08:30 WIB
Masyarakat Hindu Bali merayakan Hari Raya Galungan  (Isnawati /strategi.id)
Masyarakat Hindu Bali merayakan Hari Raya Galungan (Isnawati /strategi.id)

STRATEGI.ID - Hari raya Galungan merupakan hari besar bagi umat Hindu yang diikuti oleh seluruh umat hindu di Dunia namun ini juga merupakan momen spesial buat Umat Hindu di Bali.

Menurut lontar Purana Bali Dwipa, Hari raya Galungan pertama kali yang dirayakan di Bali bertepatan pada hari purnama Kapat tepat Budha Kliwon Dungulan, Tanggal 15 pada tahun saka 804 atau 882 Masehi

Perayaan Hari Raya Galungan yang tahun ini jatuh pada Rabu (14/4/2021), merupakan momen di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya. Unutk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai makna, tradisi, hingga perbedaan Hari Raya Galungan dengan Kuningan.

Baca Juga: Sukmawati Akan Jalani Ritual Pindah Agama Dari Islam Ke Hindu

Makna dari perayaan Galungan dimaksudkan agar seluruh umat Hindu mampu membedakan dorongan hidup antara adharma dan budhi atma (dharma:kebenaran) di dalam diri manusia. Kemudian kebahagiaan dapat diraih tatkala memiliki kemampuan untuk menguasai kebenaran.

Galungan sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya menang. Selain itu, kata Galungan juga memiliki makna yang serupa dengan Dungulan yang berarti menang.

Baca Juga: Mengenal Hinduisme, Agama yang Bakal Dianut Sukmawati Soekarnoputri

Galungan memberikan sebuah pemahaman bahwa niat dan usaha yang baik selalu akan menang, jika dibandingkan dengan niat dan usaha yang buruk.

Suasana Bali yang menyenangkan seakan kita ingin terus tinggal di Bali memeiliki sejuta rasa dan tempat yang wajib di kunjungi (Gambar oleh DEZALB dari Pixabay )

Baca Juga: Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu ikut Jejak Nyoman Rai Sirimben

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor Universitas Moestopo Gelar Pameran Lukisan

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:00 WIB

Manfaat Akar Bahar Baik Untuk Kesehatan dan Mistik

Selasa, 30 November 2021 | 21:00 WIB
X