• Rabu, 17 Agustus 2022

Asosiasi Dokumentaris Surabaya Angkat Peluang Film Dokumenter

- Senin, 4 Juli 2022 | 10:44 WIB
Sharing Peluang dan Kekuatan Film Dokumenter Surabaya
Sharing Peluang dan Kekuatan Film Dokumenter Surabaya

STRATEGI.ID-Para pekerja film dokumenter di Surabaya yang tergabung dalam Asosiasi Dokumentaris Nusantara Korda Surabaya Raya menyelenggarakan forum sharing bertajuk Kekuatan dan Peluang Film Dokumenter Hari Ini, pada Jumat, 1 Juli 2022 lalu. 

Forum sharing ini menghadirkan para dokumentaris yang telah melahirkan karya-karya dengan apresiasi internasional. Tonny Trimarsanto, penggagas Rumah Dokumenter di Klaten, telah bergiat di film dokumenter sejak 2002 dan karya dokumenternya telah banyak dibeli oleh produser internasional; Lamtiar Simorangkir, sutradara film Invisible Hopes yang memenangi Festival Film Indonesia pada kategori Dokumenter Panjang; dan Lianto Liano, Produser Indonesiana TV. 

Bertempat di Kampus Prodi D3 TV & Film Universitas 45 Surabaya, forum dihadiri sekitar 50 dokumentaris dari Surabaya dan Malang. 

Baca Juga: Film Dokumenter Persis Solo

Tiar, panggilan akrab Lamtiar Simorangkir menceritakan pengalamannya pada saat pengambilan gambar film Invisible Hopes. "Kekuatan film dokumenter itu ada pada diri si pembuatnya," ujar Tiar. 

Sementara itu, Lianto Liano yang akrab disapa Bang Li, menambahkan peluang film dokumenter hari ini semakin terbuka, dengan revolusi teknologi digital, media baru dan gaya baru yang tidak harus seperti teori-teori film lama. 

"Jadi, jika mau masuk ke dunia industri, film dokumenter bisa punya banyak peluang dengan hadirnya teknologi dan media baru. Tinggal kitanya saja yang mesti bisa kreatif," ujar Bang Li. 

Tonny Trimarsanto, yang juga Ketua Umum Asosisasi Dokumentaris Nusantara, memberikan perspektif lain bagi mereka yang ingin melahirkan karya dokumenter. Dari hal sederhana, keseharian, bahkan dengan menggunakan handphone pun bisa. 

Baca Juga: Film Penyalin Cahaya (2021) : perjuangan para penyintas kekerasan seksual 

Halaman:

Editor: Lisa Sastrajendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X