• Kamis, 23 September 2021

Cara Ki Ageng Lestarikan Budaya Lewat Kesenian Lokal

- Sabtu, 9 Maret 2019 | 15:00 WIB
Strategi.id - Cara Ki Ageng Lestarikan Budaya Lewat Kesenian Lokal
Strategi.id - Cara Ki Ageng Lestarikan Budaya Lewat Kesenian Lokal


Startegi.id - strategi.id/tag/Budaya">Budaya menjadi identitas bangsa Indonesia dalam berelasi dan berinteraksi dengan bangsa lain.





"Dalam konteks ini budaya lokal dapat menjadi sumber nilai-nilai dan karakter kebangsaan kita,” ungkap Ageng Kiwi di acara ‘Gelar strategi.id/tag/Budaya">Budaya Banyumasan’ di Desa Adiraja Wetan, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (7/3/19).





Pengakuan bangsa-bangsa lain atas tingginya nilai-nilai budaya yang kita miliki, kata Ageng, melegitimasi bahwa secara kultural kita setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia.





baca juga : Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia




“Bahkan multikulturalisme (penerimaan terhadap realitas keragaman) yang berhasil kita rawat, menjadikan budaya kita melebihi keunggulan budaya bangsa lain,” tutur pencipta lagu dan pelantun lagu ‘Goyang Satu Jari’ ini.





Ageng Kiwi mengatakan, sengaja membuat gelar budaya supaya seni budaya yang ada di tengah masyarakat tidak hilang. Berbagai macam kesenian digelar di acara ‘Gelar Budaya Banyumasan’ ini, seperti Ebeg, Lengger, dan Kentongan.

Halaman:

Editor: Bernadetha Tiara

Tags

Terkini

Saatnya Pemerintah Tancap Gas Majukan Kebudayaan

Kamis, 9 September 2021 | 16:20 WIB

Positif Covid-19, Kubica gantikan Raikkonen

Senin, 6 September 2021 | 12:15 WIB

Polisi Ungkap Alasan Coki Pardede Konsumsi Sabu

Jumat, 3 September 2021 | 13:30 WIB
X