• Minggu, 26 September 2021

Semangat Kesamaan Budaya Jepang -Indonesia Dalam Membangun Geliat Industri Kreatif Di Indonesia

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 18:30 WIB
IMG-20210723-WA0082
IMG-20210723-WA0082

Strategi.id - Dalam rangka merayakan acara Dies Natalis Sekolah Kajian Stratejik dan Global yang ke-5, Program Studi Kajian Wilayah Jepang (PS KWJ) mengadakan rangkaian acara Graduate Seminar School I yang bertajuk “Perkembangan Studi Jepang di Indonesia: Kiprah Alumni Kajian Wilayah Jepang di Kampus Nasional” pada tanggal 17 Juli 2021. Acara yang diselenggarakan menggunakan aplikasi Online Meeting ini, juga disiarkan secara langsung pada channel YouTube SIL & SKSG UI ini menghadirkan para alumnus KWJ UI yang telah berkiprah di universitas-universitas dalam negeri.

Opening ceremony di sampaikan oleh Dr. Eva Achjani, S.H., M.H (Wakil Direktur SKSG UI) dan Dr. M. Mossadeq Bahri, M.Phil (Kaprodi KWJ UI). Turut hadir pula perwakilan dari The Japan Foundation Jakarta yaitu Kono Misako (Assistant Direktur The Japan Foundation Jakarta) dan Purwoko Adi Nugroho. Dalam kesempatan tersebut, ibu Kono menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya akan peran KWJ UI dan agar studi Jepang dapat berkembang dengan baik di Indonesia.

Dalam kesempatannya Wakil Direktur SKSG Universitas Indonesia, Dr. Eva Achjani, S.H., M.H menyampaikan bahwa Kajian Wilayah Jepang  Universitas Indonesia , adalah salah satu Program studi yang sangat menarik  untuk  di pelajari, karena Kajian Wilayah Jepang banyak memberikan kontribusi dan masukan terhadap perkembangan pengetahuan di Indonesia, mengingat  Jepang dan Indonesia memiliki kemiripan budaya, sehingga antara Jepang dan Indonesia dapat “saling mengisi, sama sama belajar”, “terlebih di era pandimi Covid 19, melihat Indonesia-Jepang  sama sama berada di negara kepulauan”.

Dalam rangkaian kegiatan Graduate Seminar School I Kajian Wilayah Jepangtersebut, dilakukan dalam beberapa Sesi :

Sesi pertama GSS 1 diisi dua narsum yaitu Dr. Elisa Carolina Marion, S.S, M.Si (Alumnus KWJ Tahun 2014) yang telah menjabat sebagai sebagai Dekan Fakultas Humaniora, Binus University Jakarta dengan tema “Bentuk Sapaan dan Budaya Organisasi dalam Industri Kreatif di Jepang. Narsum kedua selanjutnya adalah Dr. Kadek Eva Krishna Adnyani, M.Si (Alumnus KWJ Tahun 2011), dosen bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Ganesha yang juga menjabat  Sekretaris Pusat Kerjasama Internasional, yang membawakan tema “Migrasi Wanita Jepang ke Ubud”. Sesi ini dimoderatori oleh Dr. Annisa Utami Seminar, S.IP, M.Si yang merupakan Alumnus Tahun 2014.

Untuk sesi kedua dibawakan oleh Yesy Tri Cahyani, S.S, M.Si (Alumnus KWJ Tahun 2011) yang kini menjabat sebagai Kaprodi Bahasa Jepang STBA LIA, Jakarta dengan tema “Makna Pendidikan bagi Masyarakat Lanjut Usia di Jepang: Suatu Kajian Kehidupan Sosial di Setagayaku Shougai Daigaku” dan diikuti oleh pemaparan yang diberikan oleh Dr. Rima Devi, S.S, M.Si (Alumnus KWJ Tahun 2010) yang kini telah menjadi Asisten Profesor di Universitas Andalas dengan tema “Keluarga Interdependen dalam Karya Ogawa Yoko”. Sesi ini dimoderatori Dr. Putri Andam Dewi, S.Sos, M.Si, Alumnus Tahun 2006. Kedua sesi dihadiri para peserta sebanyak 185 partisipan dari kalangan akademisi maupun non-akademisi yang hadir baik melalui aplikasi online Meeting maupun YouTube.

Graduate Seminar School I merupakan realisasi lebih lanjut dari forum diskusi mahasiswa yang pernah ada di Program Studi KWJ di tahun 2008. Hal ini disampaikan oleh Dr, Kurniawaty Iskandar, MA. selaku dosen tetap KWJ- pengarah acara GSS dalam sesi closing ceremony. GSS akan dilakukan secara kontinu dalam kurun waktu setiap 1-2 bulan dengan berbagai tema hasil riset Japanologi yang bercorak interdispliner dan multidisipliner baik dari perspektif politik, budaya, ekonomi, sosial, hukum dan lain sebagainya. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadikan PS KWJ UI sebagai wadah informasi dan diskusi bahkan jejaring bagi mahasiswa, alumni dan peminat studi Jepang baik di dalam maupun luar negeri.

Tim Pelaksana GSS I merupakan mahasiswa semester 2 dan 3 yang diketuai Mukhlis Arifin, mahasiswa semester 3 PS KWJ UI. Muhklis merasakan banyak manfaat yang didapat dari acara GSS, selain untuk menambah wawasan juga memperkuat ikatan solidaritas sesama mahasiswa KWJ dan juga kesempatan untuk berjejaring dengan alumni dan masyarakat luas yang dapat mendukung informasi seputar penelitian maupun karir nanti.(Red : Byu dan FA.)

Editor: Bobby San

Tags

Terkini

Saatnya Pemerintah Tancap Gas Majukan Kebudayaan

Kamis, 9 September 2021 | 16:20 WIB

Positif Covid-19, Kubica gantikan Raikkonen

Senin, 6 September 2021 | 12:15 WIB

Polisi Ungkap Alasan Coki Pardede Konsumsi Sabu

Jumat, 3 September 2021 | 13:30 WIB
X