• Rabu, 17 Agustus 2022

Kursus Lisensi Pelatih Bali United

- Rabu, 6 Juli 2022 | 07:35 WIB
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, markas tim Bali United. (Dok. Bali United)
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, markas tim Bali United. (Dok. Bali United)

STRATEGI.ID - Perjalanan kursus lisensi kepelatihan A AFC yang dijalankan pelatih kepala Bali United U-18, Made Pasek Wijaya ternyata memiliki cerita baru.

Pelatih yang berhasil menghantarkan skuad muda Bali United meraih gelar juara EPA Liga 1 Indonesia U-18 2021 ini ternyata satu kelas dengan asisten pelatih Bali United senior saat ini, Antonio Claudio.

Asisten pelatih Bali United asal Brasil yang disapa Coach Toyo ini menjadi rekan sekelas Pasek Wijaya yang menimba ilmu bersama meraih lisensi kepelatihan A AFC. Meskipun satu kelas, ternyata mereka berdua dipisahkan dengan sistem pembagian 6 grup yang berisikan peserta 4 hingga 5 orang.

Baca Juga: Borneo FC Dapat Doa Langsung Dari Pesawat

“Ya, satu kelas dengan Coach Toyo (Antonio Claudio) hanya beda grup. Kursus Lisensi A AFC ini dibagi dalam 6 grup dimana terdiri dari 4 sampai 5 peserta. Yang pasti kursus ini tentu secara pribadi dan juga Coach Toyo adalah memperbaiki dan melengkapi apa yang kurang dalam latihan. Lisensi A AFC ini memang materi yang diajarkan sudah setara untuk pelatih di Liga 1 Indonesia maupun Liga 2,” jelas Coach Pasek.

Selain bersama Coach Antonio Claudio, pelatih yang juga mantan pemain peraih medali perunggu SEA Games 1989 ini juga sekelas dengan mantan rekannya saat menjadi asisten pelatih di Arema Cronous, Kuncoro. Lebih lanjut, legenda lapangan hijau asal Persipura, Ricardo Salampessy hingga legenda hidup PSM Makassar, Zulkifli Syukur juga menjadi bagian rekan dari ayah Made Andhika Wijaya ini mencari ilmu kepelatihan yang baru.

Jenjang kursus kepelatihan di Indonesia mengacu pada prosedur Federasi Sepak bola Asia (AFC). Terdapat empat lisensi kepelatihan menurut AFC yaitu Grassroots (Lisensi D Nasional), C AFC, B AFC, A AFC, dan AFC Pro.  

Baca Juga: Borneo FC Berangkatkan Pemain Yang Sudah Siap Bertarung ke Sleman

Lisensi kepelatihan tertinggi saat ini tentu AFC Pro. Setiap pelatih yang ingin memiliki lisensi AFC Pro harus terlebih dahulu memiliki lisensi yang lebih rendah yakni lisensi D Nasional hingga A AFC.

Halaman:

Editor: Mochamad Rizki Damanhuri

Sumber: Bali United

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Pertandingan Liga Spanyol Tadi Malam

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:20 WIB

4 Gol Striker Persib Bandung di Liga 1 Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:55 WIB

Rans Nusantara FC Gagal Menang Atas PSM Makassar

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:45 WIB
X