• Rabu, 20 Oktober 2021

Pertamina International Shipping (PIS) Kembangkan Bisnis Dengan Trafigura Group Swiss

- Senin, 6 September 2021 | 20:40 WIB
Pertamina International Shipping (PIS) Kembangkan Bisnis Dengan Trafigura Group Swiss (Dok: Pertamina International Shipping (PIS))
Pertamina International Shipping (PIS) Kembangkan Bisnis Dengan Trafigura Group Swiss (Dok: Pertamina International Shipping (PIS))

STRATEGI.ID- Sejalan dengan transformasi, PT Pertamina International Shipping (PIS) dari Subholding Shipping menjadi Subholding Integrated Marine Logistics dan dalam rangka memperkuat eksistensi perusahaan yang Go Global. PIS terus bergerak cepat untuk mengembangkan bisnisnya di regional Asia melalui kolaborasi antara Pertamina International Shipping Pte Ltd Singapore (PIS PL) dengan Trafigura Group Pte Ltd, sebuah perusahaan multinational commodity trading yang berpusat di Geneva, Swiss.

PIS saat ini terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional khususnya di regional Asia dalam rangka memperkuat bisnis dan mewujudkan visi PIS,” ujar Direktur Utama PIS, Erry Widiastono dalam siaran persnya, Senin (6/9/21).

Baca Juga: Perkuat Go Digital, Pertamina Aplikasikan Enhanced Daily Tanker Position (EDTP)

Menurut Erry, kerja sama yang dilakukan oleh Pertamina International Shipping Group dengan Trafigura diwujudkan melalui penyewaan armada milik PIS, yakni MT Gamsunoro, secara Time Charter. MT Gamsunoro sendiri merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product(DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105,638 MT yang dibangun pada tahun 2014. Delivery kapal MT Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2021 di Singapura dengan rencana trading area Arabian Gulf hingga East Asia.

“Sebagai salah satu perusahaan commodity trading besar di dunia, Trafigura menerapkan standar keselamatan yang ketat seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar ShipInspection Report Programme (SIRE), dan MT Gamsunoro dapat memenuhi persyaratan tersebut melalui inspeksi yang dilakukan pada 14 Juli 2021” tambah Arief Kurnia Risdianto, Direktur Operasi PT Pertamina International Shipping.

Baca Juga: PT Pertamina International Shipping Selenggarakan Kuliah Umum Terbuka

Baca Juga: Tahan 2 Kapal Tanker Asing, Indonesia Berpotensi Digugat oleh Perusahaan Pemilik Kapal

Inspeksi SIRE ini dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus. Terbitnya SIRE approval merupakan bentuk kualitas kapal MT Gamsunoro terhadap standar dan requirement yang berlaku di industri shipping internasional.

MT Gamsunoro sendiri merupakan salah satu kapal yang dikomersialisasikan untuk melakukan penetrasi ke pasar-pasar internasional dimana sebelum menjalani bisnis dengan Trafigura, MT Gamsunoro telah menjalin bisnis dengan charterer internasional lainnya dalam bentuk sewa kapal secara Time Charter selama 4 bulan dengan trading area Arabian Gulf hingga Japan.

Baca Juga: Pertamina Tingkatkan Kapabilitas Dan Keandalan Kilang Balongan

Halaman:

Editor: Rialdo L Toruan

Tags

Terkini

Pemerintah Fokus Mengembangkan 5 DPSP di Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:00 WIB

RDMP Balikpapan Gesit Kembangkan Terminal Lawe-Lawe

Kamis, 7 Oktober 2021 | 22:00 WIB

RNI ajak Milenial Tingkatkan Kemitraan Petani Tebu

Kamis, 7 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Erick Thohir Akan Menutup Tujuh BUMN

Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:00 WIB

PMT Berlali Kencang Kelola Pelabuhan Kuala Tanjung

Selasa, 28 September 2021 | 18:30 WIB

BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Komoditi Gurita ke AS

Selasa, 28 September 2021 | 15:00 WIB
X