• Kamis, 2 Desember 2021

BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Komoditi Gurita ke AS

- Selasa, 28 September 2021 | 15:00 WIB
BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Komoditi Gurita ke AS (Dok kemenbumn.go.id)
BUMN Klaster Pangan Ekspor Perdana Komoditi Gurita ke AS (Dok kemenbumn.go.id)

STRATEGI.ID - BUMN Klaster Pangan kembali membuat terobosan di sektor perikanan dengan melakukan ekspor perdana Gurita Steam (ready to eat) dan Gurita whole frozen Volume 132 ton atau sebanyak 6 (enam) container 40 feet ke Amerika Serikat melalui PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus.

Pelepasan ekspor dilakukan oleh Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono, serta Kepala Dinas Perikanan Pemprov Sulawesi Selatan Irsan Hapid, Sabtu, (25/09/21), di Makassar.

Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi mengatakan, BUMN Klaster Pangan berkomitmen penuh dalam memperkuat sektor perikanan nasional melalui peningkatan produktivitas, ekspor, serta pengembangan produk-produk perikanan yang bernilai tambah dan berkualitas.

Baca Juga: BUMN TWC Sebagai Pengelola Taman Mini

Ia menambahkan, ekspor perdana gurita ke Amerika Serikat ini menjadi awal yang baik untuk membuka peluang ekspor komoditas perikanan lainnya ke negara tersebut.

Kegiatan ekspor di sektor perikanan merupakan salah satu penyumbang devisa negara, oleh karenanya perikanan menjadi salah satu lini bisnis BUMN Klaster Pangan yang sangat strategis.

"Untuk itu, kami terus melakukan optimalisasi serta mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, salah satunya mengoptimalisasi potensi gurita di Sulawesi Selatan yang cukup besar, dimana gurita menjadi salah satu produk unggulan yang banyak diekspor dari Sulawesi Selatan,” ujar Arief.

Baca Juga: Menteri BUMN Meresmikan Subholding Sarana Infrastruktur Dan Memuji Bantuan Oksigen KS

Menurut Arief, kegiatan ini sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa demi membangun ketahanan pangan, terutama di industri perikanan Indonesia, perusahaanperusahaan BUMN harus memberikan dukungan maksimal agar para nelayan naik kelas, serta dukungan distribusi hasil tangkapan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan.

“Sejalan dengan arahan Menteri Erick untuk bantu nelayan naik kelas, BUMN Klaster Pangan sektor Perikanan mewujudkannya dengan terus menyerap hasil tangkapan nelayan dan mendistribusikan hingga ke Amerika Serikat maupun negara lainnya.”jelas Arief.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Pranowo Apresiasi Proyek PTPP

Selasa, 30 November 2021 | 14:00 WIB

Program BNI Xpora, Kinerja UMKM Naik Dua Kali Lipat

Rabu, 24 November 2021 | 18:00 WIB

Beli Tiket DAMRI Dapat Cashback 20 Ribu

Rabu, 24 November 2021 | 16:00 WIB

PLN Dukung Indonesia Pimpin Perdagangan Karbon Global

Minggu, 7 November 2021 | 13:35 WIB

Pemerintah Tidak Ingin Garuda Indonesia Bangkrut

Kamis, 4 November 2021 | 12:15 WIB
X