• Minggu, 23 Januari 2022

Garuda Indonesia Layani Rute Khusus Kargo Makassar–Hongkong

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 21:15 WIB
Garuda Indonesia Layani Rute Khusus Kargo Makassar–Hongkong (Dok: garuda indonesia)
Garuda Indonesia Layani Rute Khusus Kargo Makassar–Hongkong (Dok: garuda indonesia)

STRATEGI.ID - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meresmikan layanan penerbangan rute khusus kargo Makassar-Hongkong yang terhubung langsung dengan penerbangan kargo dari Surabaya. Pada pengoperasian penerbangan tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 12 ton komoditas unggulan Sulawesi Selatan berupa ikan kerapu hidup yang diterbangkan dengan armada Airbus A330-300.

Adapun layanan Garuda Indonesia rute khusus kargo Makassar-Hongkong tersebut merupakan pengembangan dari rute Surabaya–Hongkong yang telah dilayani sejak awal 2021 lalu dan merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah Indonesia Timur yang dikenal dengan keunggulan komoditas marine product.

Baca Juga: Mal di Kota Bekasi Sudah Ramai Apalagi di Akhir Pekan

Lebih lanjut, Penerbangan kargo Garuda Indoensia Makassar–Hongkong ini merupakan penerbangan khusus kargo kedua yang dilayani dari Makassar setelah sebelumnya rute Makassar–Singapura diresmikan pada tahun 2020 lalu.

“Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo di Indonesia Timur yang terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional seperti Ambon, Kendari, Sorong hingga Manado," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Sabtu (30/10/21).

Baca Juga: PBB Provinsi Bali Menggelar HUT Pertamanya

Irfan Setiaputra mengatakan, kiranya pengembangan layanan penerbangan kargo ini dapat mengoptimalkan distribusi produk unggulan nasional, khususnya dalam memfasilitasi pengiriman produk kelautan dari Sulawesi Selatan untuk dikirimkan langsung ke negara tujuan ekspor.

"Dengan perluasan konektivitas rute khusus kargo ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus dioptimalkan selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh," ungkap Irfan Setiaputra.

Baca Juga: Vaksin Covid 19 Gratis, Ombusman : PCR Seharusnya Bisa Gratis

Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, kami harapkan aktivitas direct export komoditas unggulan dari kawasan Indonesia Timur dapat semakin meningkat sehingga mampu mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Enam Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid 19

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:00 WIB

BPIP Diminta Bekali PIP saat PNS Pelatihan Bela Negara

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:00 WIB
X