• Minggu, 28 November 2021

Menulis Sebagai Solusi, Capaian Kita Dalam Dunia Akademis

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 17:15 WIB
Dokumen Pribadi George Saa (Dokumen Pribadi George Saa)
Dokumen Pribadi George Saa (Dokumen Pribadi George Saa)

STRATEGI.ID - Pencapaian kita dalam dunia akademis sangat di tentukan oleh kemampuan menulis. Pengetahuan yang di gali sendiri lewat belajar mandiri dan juga melalui perkuliahan yang di dapatkan dari para dosen akan bermuara pada karya akhir. Menulis. Menulis dengan referensi yang di dapatkan dari hasil penelitian sendiri dan didukung oleh review literature. Mencari tahu apa yang sudah pernah di tuliskan, di konsepkan, di teliti lewat pengumpulan data maupun eksperimen adalah bagian penting yang mendukung apapun yang akan kita tulis.

Baca Juga: AS Serius Lakukan Perimbangan Kekuatan Militer di Pasifik Barat, Australia Raih Keuntungan Strategis

Menulis adalah wujud dari kita menunjukan seberapa jauh kita paham akan sebuah topik atau persoalan. Menulis menunjukan kontribusi kita akan topik tertentu. Di kampus-kampus, kita di ajarkan tentang meneliti namun sedikit sekali kita di ajarkan untuk menulis. Di sangka, ketika kita sudah berada di bangku universitas, kita di "anggap" sudah menguasai bagian menulis dan tidak lagi menjadi fokus pada pendidikan tinggi.

Disinilah, saya melihat adanya sebuah persoalan namun juga sebuah solusi akan persoalan masa depan. Benar, persoalan masa depan dan bukan persoalan hari ini saja. Apa yang kia lakukan hari ini adalah bagian dari menentukan bagaimana bentuk masa depan kita.

Baca Juga: Resmi Jadi Cabor Asian Games 2022, Simak Sejarah Esports

Khusus di tanah Papua, kita perlu generasi yang kritis. Kritis yang membangun tentunya. Kritis yang sugestif dan mendorong "penambalan" segala "lubang-lubang" yang mana dikemudian hari dapat mencelakakan. Ini makanya pendidikan non-formal lewat pelatihan kilat/praktis perlu di jalankan. Inilah tugas Gerakan Milenial Papua (GMP) yang saya usung.

Saya lihat sesama generasi muda kadang kita selalu berkonflik dan wujudnya dapat di lihat di berbagai kritik bolak-bolak balik di media sosial dan media komunikasi. Kita menungkan buah pikiran kita terhadap suatu isu yang mana penting sekali disampaikan dengan tatanan yang bukan saja mudah di baca, namun tendensi premis yang disampaikanpun harus di dasari data dan informasi yang akurat.

Gerakan Milenial Papua hadir memberikan pelatihan khusus menulis. Ini bagian dari mengisi kekosongan yang kadang dialami anak-anak generasi kita di bangku perkuliahan. Ini dirasa penting dan dalam praktiknya, telah di buktikan. Perlu adanya kegiataan ini karena dasar pentingnya. Menulis memang tidak mudah namun menulis juga tidak sulit kalau saja di arahkan dan di bimbing dengan metode khusus.

Baca Juga: Posyandu dan Posbindu PTM Beri Penyuluhan Pentingnya Pemahaman Tentang Stunting

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Sumber: septinusgeorgesaa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung Penghapusan Kekerasan Seksual

Minggu, 14 November 2021 | 18:30 WIB

Kemuliaan Akhlak dan Keteladanan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Atasi Pinjaman Online, Jamin Hak Dasar Rakyat!

Minggu, 17 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Utang 'Tersembunyi' dari China?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 00:00 WIB

Jokowi Membuat Banyak Orang Gila

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Krisis Energi vs EBT & Covid

Jumat, 8 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Mati Berdiri Ala Indonesia

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Tak Usah Malu Kepada Risma

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:05 WIB

Sejarah Kelam GESTOK di Indonesia

Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:15 WIB

Giring Bermental Miring, Anies Tetap Humanis

Kamis, 23 September 2021 | 11:45 WIB

Hentikan Konflik Petani

Rabu, 22 September 2021 | 19:00 WIB
X