• Minggu, 4 Desember 2022

Melestarikan Nasionalisme Menjaga Hidup Sebuah Bangsa

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Faisal Anwar / Sekjen DPP Pandawa Nusantara (pribadi)
Faisal Anwar / Sekjen DPP Pandawa Nusantara (pribadi)

STRATEGI.ID - Syukur Alhamdulillah, Patut kita syukuri Agustus 2022 Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya ke-77 tahun. Sebagai warga negara yang civilized (beradab) jiwa nasionalisme terhadap bangsa adalah bagian dari kewajiban warga negara yang dijaga secara terus menerus.

Menurut Michael Billig (1995), ada 2 (dua) faktor yang membuat membuat nasionalisme di Indonesia sampai saat ini masih mengental, sehingga sampai saat ini Indonesia masih utuh. meskipun, banyak hal lain yang kelihatannya memungkinkan negara terbesar kepulauan terbesar di dunia ini terburai-burai.

Adapun yang pertama konsep Nasionalisme Banal, ialah proses reproduksi nasionalisme yang dilakukan secara terus menerus, sehari-hari, secara “remeh-temeh”. diproduksi lewat pengingat-pengingat yang kelihatannya sepele dan tidak terperhatikan (banal reminders) yang secara terus menerus dan sehari-hari mengingatkan penduduk akan bangsanya.

Baca Juga: Penampilan Gelandang Bali United Yang Belum Maksimal

Salah satu contoh dari nasionalisme banal adalah bendera negara. Kedua, Hot Nationalism (Nasionalisme Membara) fenomena nasionalisme yang kasat mata, penuh semangat dan kobaran, tetapi terjadi pada saat-saat tertentu saja.

Munculnya Hot Nasionalisme didorong oleh sesuatu yang dapat memunculkan rasa nasionalisme dengan diwujudkannya secara ekspresif dan penuh semangat.

Contoh pertandingan Timnas Sepak Bola Indonesia dimana kita bisa saksikan banyak warga negara Indonesia berbondong-bondong mendatangi stadion dan jutaan lainnya tepaku dilayar televisi.

Peringatan HUT RI ke-77 tahun yang masih dibayang-banyangi pagebluk bukan berarti warga negaranya menjadi amnestia kolektif untuk melestarikan daya hidup bangsa yang ditempati sampai saat ini.

Baca Juga: Kondisi Fisik Pemain Bali United Jelang Hadapi Rans Nusantara FC

Langkah kecil dan sepele yang dapat dilakukan adalah memasang bendera Indonesia dirumah masing-masing. Dengan begitu, kita optimis dan yakin Indonesia ditahun-tahun yang akan dating akan masih utuh dan Bersatu. Semoga... salam Indonesia.***

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah PMI Menjadi Pahlawan Devisa

Senin, 28 November 2022 | 20:00 WIB

Digitalisasi, Kelangkaan STB dan Kebijakan Publik

Jumat, 11 November 2022 | 08:00 WIB

Orang Muda Lebih Peka Dalam Penyelenggaran Pemilu

Jumat, 21 Oktober 2022 | 15:05 WIB

Arti Rivalitas dan Wujud Fanatisme Sejati

Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:35 WIB

Memahami Politisi Pragmatis dan Negarawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 23:00 WIB

KPK Tidak Bermanuver Memberantas Korupsi di Tanah Air

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:35 WIB

Antara Cinta dan Benci

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:00 WIB

77 Tahun Indonesia: Ambruknya Etika Pejabat Publik

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Belajar Dari Sifat dan Karakter Dua Serigala

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:00 WIB
X