Belajar Dari Sifat dan Karakter Dua Serigala

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Dr. Andry Wibowo Sik MH Msi, Dongeng tentang dua ekor serigala merupakan kisah mendidik bagi setiap individu, tentang cikal bakal sifat dan karakter manusia (pribadi )
Dr. Andry Wibowo Sik MH Msi, Dongeng tentang dua ekor serigala merupakan kisah mendidik bagi setiap individu, tentang cikal bakal sifat dan karakter manusia (pribadi )

STRATEGI.ID - “Character cannot be developed in ease and quiet. Only through experience of trial and suffering can the soul be strengthened, ambition inspired, and success achieved.”

Seorang Kakek tua bercerita dengan cucu lelakinya tentang perkelahian hebat 2 ekor serigala :

“ There’s a fight going on inside me. It’s a terrible fight between two wolves . One is evil, angry, greedy, jealous, arrogant and cowardy. The other is good, peacefull, loving, modest, generous, honest, and trusworthy.” These two wolves are also fighting within you, and inside every other person too.”

Baca Juga: Dewan Pers Beri Kesempatan SMSI Mendaftarkan Seluruh Anggotanya untuk Didata, Demi Perlindungan Perusahaan

After a moment, they boy asks, which wolf will win ? The old man smiles, the one you feed.

Jika diartikan secara bebas cerita tersebut dan memaknainya secara sederhana maksud kisah tersebut adalah, pada dasarnya setiap manusia memiliki sifat ganda.

Satu sisi dengan kebaikan, dan lainnya berkaitan dengan kejahatan. Keduanya saling tarik menarik dan mempengaruhi keputusan dari tindakan manusia.

Sifat dan karakter jahat digambarkan dengan kemarahan, kerakusan, kesombongan, iri, dengki dengan ketololan dan kekonyolan.

Baca Juga: Mengenang Jasa Pahlawan Kemerdekaan RI , Berikut 9 Rekomendasi Film Tema Perjuangan Yang Wajib Ditonton

Sebaliknya sifat dan karakter baik digambarkan dengan hal yang berkaitan dengan cinta damai, kasih sayang, kebaikan dan kelembutan hati, sederhana, jujur dan dapat dipercaya.

Dalam pertarungan tersebut secara simbolik berlanjut dengan pertanyaan siapa yang menang ? Jawabannya adalah sifat dan karakter yang kau selalu beri ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Dongeng tentang dua ekor serigala merupakan kisah mendidik bagi setiap individu, tentang cikal bakal sifat dan karakter manusia.

Peristiwa alami, terjadi dimana saja, kepada siapa saja, tidak memandang status. Pertarungan antara kejahatan dan kebaikan yang akan terus terjadi dalam perjalanan hidup manusia.

Baca Juga: Momentum Bali United Kalahkan Arema FC

Dari cerita tersebut dapat diambil suatu pengetahuan yang paling penting dalam diri manusia yaitu sifat dan karakter. Yang selalu membutuhkan perhatian sejak dini dan menjadi point penting atas perkembangan jati diri manusia selanjutnya.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Poros Baru Capres 2024, Mungkinkah ?

Jumat, 2 Juni 2023 | 20:15 WIB

Bung Karno Pemikir Pembaruan Islam

Kamis, 1 Juni 2023 | 13:31 WIB

Hiruk Pikuk Pemilu dan Pancasila Kita

Rabu, 31 Mei 2023 | 18:57 WIB

Kenapa Harus Erick Thohir

Sabtu, 27 Mei 2023 | 17:49 WIB

Erick Thohir Sang Juara

Kamis, 18 Mei 2023 | 14:54 WIB

Polemik Piala Dunia di Indonesia

Jumat, 12 Mei 2023 | 18:26 WIB

Mindset dan Culture Set UMKM

Kamis, 27 April 2023 | 22:35 WIB
X