• Selasa, 25 Januari 2022

Masjid Haji Keuchik Leumiek Menjadi Icon Baru di Banda Aceh

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:00 WIB
Masjid Haji Keuchik Leumiek, Banda Aceh (instagram @masjid.hkl)
Masjid Haji Keuchik Leumiek, Banda Aceh (instagram @masjid.hkl)

STRATEGI.ID - Melihat keindahan arsitektur masjid-masjid di Aceh semakin melengkapi peradaban tersendiri, tentu desain masjid di Aceh berubah drastis sejak Kolonial membangun ulang Masjid Raya Baiturrahman dengan desain baru yang berbeda jauh dengan model masjid lama seperti Masjid Tua Indrapuri.

Selain itu ada kehadiran Masjid Haji Keuchik Leumiek di Gampong Lamseupeung yang dibangun Alm. Ayahanda Haji Harun Keuchik Leumiek ini makin melengkapi objek wisata religi di Kota Banda Aceh, sebelumnya Banda Aceh setelah tsunami juga telah berdiri masjid megah bergaya timur-tengah, Masjid Oman Al-Makmur Lamprit.

Masjid Keuchik Leumik menjadi salah satu icon baru objek wisata religi jika anda berkunjung ke Banda Aceh, Masjid yang indah dengan kilauan keemasan dan masjid yang mempunyai disain meniru Nabawi dan Cordoba membuat kita ingin berlama-lama disana untuk melihat keindahannya.

Baca Juga: Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata RI di Markas UNWTO Madrid

Masjid Keuchik Leumik yang di bangun tanggal 19 Juli 2016 dan telah diresmikan 28 Januari 2019, sejak diresmikan Masjid Keuchik Leumiek ini kian kesohor, bergaya timur tengah, masjid berukuran 34 X 22 meter persegi ini memiliki satu kubah besar dan empat kubah berukuran kecil.

Masjid Keuchik Leumiek sangat indah terlihat dengan satu menara menjulang tinggi di sampingnya, masjid ini didominasi warna kuning keemasan dan di beberapa sisi di dalam meniru Nabawi dan Cordoba, makin nampak indah di malam hai karena terletak di pinggir Krueng Aceh yang memantulkan keindahan masjid dari air sungai.

Selain menarik perhatian para wisatawan, masjid ini juga memikat bagi para calon mempelai pengantin baru, tidak hanya datang dari Banda Aceh saja malahan ada calon pengantin dari luar Aceh.

Baca Juga: Meninggalnya Tahanan Rtp, Wakapolrestabes Medan Paparkan Kronologisnya

Begitulah keindahan yang terpancar dari kilauan kuning keemasan dari Masjid Haji Keuchik Leumie yang membuat sebuah pesona religi di sudut negeri, Banda Aceh menambah icon barunya. *** 

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Game Higgs Domino Yang Berujung Hukuman Cambuk

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:45 WIB

Mafia Pailit, Modus Operandi Baru Perampasan Aset

Jumat, 31 Desember 2021 | 17:55 WIB
X