• Rabu, 20 Oktober 2021

Mau Beli Helm Full Face? Coba Lihat Dulu Beberapa Tips Dibawah Ini!

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Shoei Z7 Full Face Helmet  (Shoei)
Shoei Z7 Full Face Helmet (Shoei)

STRATEGI.ID - Berkendara dengan motor tentunya memerlukan helm, baik itu helm half face, open face, atau yang sekarang sedang popular dengan kalangan yang hobi motoran full face helmet. Namun, sebelum Anda membeli helm full face ada baiknya mengetahui bagaimana cara memilih helm yang baik dan tentunya nyaman bagi kalian para riders, yuk simak beberapa tips di bawah ini.

Tips yang pertama tentunya adalah Kebutuhan, apakah kalian mengendarai motor tersebut untuk jarak yang jauh atau durasi yang lama? Atau kalian adalah daily rider yang hanya memiliki motor sebagai opsi untuk transportasi sehari hari? Tentunya kebutuhan setiap rider berbeda beda namun ada baiknya sebelum membeli helm full face kenali dulu kebutuhan Anda. Tentunya dengan helm yang pas dengan kebutuhan anda bisa jadi pembelian helm Anda tidak akan sia sia.

Baca Juga: Lotus Fokuskan Mobil Listriknya Miliki Bobot Yang Ringan

Tips kedua adalah material, Kenali bahan dasar dari helm yang Anda ingin beli. Contohnya kebanyakan helm sekarang menggunakan Thermoplastic atau fiberglass tentunya jika Anda mencari helm dengan bobot yang ringan ada baiknya jika Anda mencari helm dengan bahan dasar carbon composite atau bahkan carbon fiber agar bobotnya ringan. Namun, dengan bobot yang ringan tentunya suara angin akan lebih berisik ketimbang helm dengan bobot yang sedikit lebih berat seperti helm untuk touring dengan material Thermoplastic.

Tips ketiga adalah kenali motor dan riding position Anda, kebanyakan helm full face yang dijual memiliki sistem ventilasi dan poin aerodinamika yang didesain khusus untuk pemakaian motor sport yang cenderung posisinya lebih rendah ketimbang memakai motor naked atau skutik. Berbeda dari helm half face yang dapat membuka kaca atau visor sepenuhnya helm full face sangat bergantung pada ventilasi untuk mengalirkan udara di kepala anda.

Baca Juga: Telah Hadir Di Indonesia Ferrari SF90 Spider Dengan Teknologi 'Plug-in Hybrid'

Tentunya jika ventilasi tersebut tidak digunakan secara maksimal aliran udara yang mengenai kepala alhasil saat riding Anda pun akan cepat merasa gerah dan panas. Jadi ada baiknya sebelum memilih helm kenali dulu posisi riding yang pas dengan motor dan badan Anda.

Selanjutnya adalah kenali bentuk kepala Anda, tentunya helm memiliki beberapa ukuran mulai dari S hingga XXL. Terlebihnya Anda harus ketahui dulu bentuk kepala Anda sehingga helm pilihan Anda tidak akan terasa sempit ketika digunakan karena beda jenis helm beda juga bentuknya.

Baca Juga: Siap Rilis Supercar Baru , Ferrari Kirim Undangan dengan Kado Yang Unik

Tips terakhir dan terpenting adalah kenali standarisasi helm Anda, Ada banyak standardisasi keselamatan seperti SNI, DOT, ECE, SNELL, dan yang terbaru adalah FIM Homologated.

Halaman:

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini kah Bentuk Akhir Dari Acura Integra?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:30 WIB

Mercedes R63 AMG, Minivan Dengan Tenaga V8

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Porsche Mulai Tawarkan Jok 3D Printer

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:30 WIB
X