• Minggu, 28 November 2021

Review RX-7 Generasi Pertama, Hasil Restorasi Karena Langka

- Rabu, 24 November 2021 | 19:00 WIB
Mazda RX-7 Gen 1 atau FB (Rokhily Rullia Putra / strategi.id)
Mazda RX-7 Gen 1 atau FB (Rokhily Rullia Putra / strategi.id)

STRATEGI.ID – Mazda RX-7, mobil sport asal negara Jepang dengan mesin rotary yang sangat unik ini cenderung jarang terlihat di tanah air.

Mengingat bahwa mesin rotary yang terpasang pada mobil tersebut adalah mesin yang tidak umum dan sedikit yang bisa mempercayai konfigurasi mesin rotary maka tak heran bahwa populasi mobil tersebut dapat di hitung jari.

Namun siapa sangka ternyata ada RX-7 FB atau RX-7 generasi pertama yang masuk secara resmi ke tanah air.

Baca Juga: Mandalika Marshal 'yang Melakukan Break for Prayers' Dapat Pujian dari Bos Dorna

Sedikit background untuk RX-7, Mobil sport tersebut merupakan pengganti dari Mazda Savanna RX-3 yang sudah dibekali dengan mesin Wankel Rotary seperti mobil 2 pintu mazda yaitu Mazda Cosmo dan Sedan mewah mereka yaitu Luce.

Mobil tersebut merupakan mobil hasil Matasaburo Maeda selaku Lead Designer dari Mazda yang memfokuskan RX-7 sebagai mobil yang ramping dan juga ringan mengingat bahwa mesin Rotary yang terpasang adalah mesin dengan dimensi yang sangat kecil namun dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar pada masanya. Lalu bagaimana cerita dari RX-7 FB yang masuk ke tanah air? Yuk kita kenalan dengan mobil tersebut.

Baca Juga: Hyundai i30 N Fastback, Mobil Safety Car Untuk Ajang Balap WSBK

Tampak Samping dari RX-7 FB (Rokhily Rullia Putra / strategi.id)

“Kita ketemu mobil ini di daerah Jogja, waktu itu tahun 2019 pas lagi pengen bangun mobil ada temen ngasih tau bahwa ada RX-7 FB di jual tapi kondisinya bahan,” sebut salah satu staff dari Win’s garage selaku bengkel yang merawat mobil sport yang pertama kali di perkenalkan pada tahun 1978.

“Kondisinya waktu kita temuin itu mesin gak mau hidup dan pemilik sebelumnya bingung mau di bawa kemana apa lagi mesin rotary kan jarang ada yang bisa ngidupin, interior banyak yang ilang ilangan, body kemakan usia jadi ada karat dimana mana dan juga sempet tumbuh lumut di beberapa panelnya tapi surat-surat mobilnya lengkap sampai bpkb dan fakturnya juga masih ada," tambahnya.

Halaman:

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X