• Sabtu, 27 November 2021

Teks Pidato Presiden Bung Karno pada Peringatan Maulid Nabi SAW di Istana Negara pada Tahun 1963

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Presiden pertama RI Bung Karno saat berpidato. ( (Foto: dok. Perpustakaan Nasional)  )
Presiden pertama RI Bung Karno saat berpidato. ( (Foto: dok. Perpustakaan Nasional) )

STRATEGI.ID - Sebagai seorang pemimpin negara beragama Islam, Prtesiden Soekarno (Bung Karno), memberikan sambutannya padasetiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Perhelatan ini telah menjadi pemikiran Bung Karno mengingat kejadian di Kairo Mesir  yang selalu teringat dan terniang saat kunjungan kenegaraan.

Ketika itu, dia berserta rombongan yang dibawanya tengah berkunjung ke Kairo, Mesir. Dalam kunjungannnya itu agenda Bung Karno bertemu dengan Presiden Gamal Abdul Naseer.

Di tengah rangkaian kegiatannya pertemuannya itu, Bung Karno menyadari bahwa hari itu adalah hari kelahiran baginda nabi besar Muhammad SAW.

Baca Juga: Kasus Gagalnya Merah Putih Berkibar di Piala Thomas, Menpora Minta Maaf

“Di Kairo itu saya tidak berhenti-berhenti ingat. Wah, ini bulan Maulid, kita nanti di Jakarta harus mengadakan peringatan maulid yang sebaik-baiknya,” kata Bung Karno saat pidato  peringatan Maulid Nabi SAW di Istana Negara pada 1963 kala itu.

Seperti diketahui pada masa itu Mesir mempunyai perindustrian film yang memproduksi cerita film Salahuddin Al Ayubi, pemimpin besar Islam yang memerintahkan untuk menyelenggarakan maulid, Mmengetahui hal tersebut Soekarno pun lantas memerintahkan Kedutaan Besar di Kairo untuk memutarkan film itu agar dia dapat menyaksikannya bersama rombongan yang dibawanya.

Baca Juga: AKU Semakin Kagum dengan Bung Karno

Untuk memperingati hal tersbut Bahkan Bung karna sudah mewanti-wanti Menteri Agama ketika itu, Prof. KH. Saifuddin Zuhri, untuk mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan sebaik-baiknya. Berikut Isi Pidato Presiden Sukarno pada Peringatan Maulid Nabi SAW di Istana Negara pada Tahun 1963 tersebut.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saudara-saudara,

Tadi, Bapak Menko Prof. Kyai Saifuddin Zuhri mengatakan bahwa waktu di Paris, saya sedang sibuk-sibuknya memberi amanat dan pimpinan kepada duta besar kita. Pada waktu itu, saya tidak lupa memperingatkan kepada Bapak Saifuddin Zuhri untuk mengadakan perhelatan Maulud Nabi di Istana Negara.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Artikel Terkait

Terkini

Mengenali Dan Mengilmukan Sifat-Sifat Rasulullah SAW

Rabu, 10 November 2021 | 07:00 WIB

Tanda Orang Genius, Apakah Anda Salah Satunya?

Rabu, 3 November 2021 | 13:15 WIB

4 Masalah Kesehatan Telinga Akibat Infeksi

Selasa, 2 November 2021 | 13:00 WIB

Segera Singkirkan ! 6 Hewan Ini Tidak Baik Ada Dirumah

Selasa, 2 November 2021 | 11:30 WIB
X