• Sabtu, 22 Januari 2022

Mengenali Dan Mengilmukan Sifat-Sifat Rasulullah SAW

- Rabu, 10 November 2021 | 07:00 WIB
Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjadi manusia yang rendah diri agar terhindari dari sikap sombong dan takabur. (Freepik/jcomp)
Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjadi manusia yang rendah diri agar terhindari dari sikap sombong dan takabur. (Freepik/jcomp)

STRATEGI.ID -Seorang muslim sudah sepantasnya meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW, menjadikan beliau sebagai contoh dalam menjalani kehidupan di dunia. Sebab dalam diri Nabi Muhammad SAW terdapat kepribadian (akhlak) yang mulia.

Apa saja sifat-sifat Rasulullah SAW yang patut kita jadikan pegangan dalam hidup? Mari kita simak penjelasan berikut.

Pertama, amanah. Rasulullah SAW mendapat gelar Al Amin, yang berarti dapat dipercaya. Tidak hanya untuk urusan berdagang, bahkan di segala urusan, Rasulullah kerap mendapat mandat untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Intip Kolesi Mobil Unik Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Kedua, shidiq adalah benar, jujur, atas segala hal yang disampaikan kepada orang lain. Tiada orang lain meragukan kejujuran beliau.

Ketiga, fatonah atau cerdas. Dalam hal apa? Tak lain adalah dalam berpikir dan mengelola segala yang muncul sebagai persoalan hidup.

Selain tiga sifat di atas, Rasulullah juga bersifat tabligh yaitu menyampaikan sesuatu (berupa petunjuk-petunjuk dari Allah Swt) kepada orang lain (dakwah).

Baca Juga: Doa Manjur Saat Sakit, Ga Perlu Buang Uang ke Dokter

Sifat-sifat lainnya antara lain teguh pendirian, giat bekerja, adil, menjadi pelindung bagi yang lemah, dermawan, penyabar, sederhana (bersahaja dalam penampilan), teladan, santun dalam bicara, serta sopan dalam berperilaku.

Selain itu, Rasulullah juga merupakan diplomat ulung, Beliau pandai bernegosiasi faktor utama untuk berdiplomasi, Beliau mengutamakan komunikasi untuk mencapai kata sepakat dan mufakat demi kebaikan umat yang rahmatan lil alamin.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Film Kartun Untuk Edukasi Anak Di Rumah

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:00 WIB

5 Negara besar di Asia, Indonesia Termasuk?

Sabtu, 8 Januari 2022 | 13:30 WIB
X