• Senin, 23 Mei 2022

7 Manfaat Protein Untuk Tubuh, Salah Satunya Membentuk Sumber Energi Bagi Tubuh

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 15:00 WIB
 Ilustrasi Makan-makanan yang kaya akan mengandung protein tinggi (freepik)
Ilustrasi Makan-makanan yang kaya akan mengandung protein tinggi (freepik)

STRATEGI.ID - Kekurangan protein tidak hanya menyebabkan munculnya rasa lapar, lelah, dan lemas melainkan juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun.

Protein terdiri atas polimer linear dari asam amino dan terdapat kurang lebih 17% dari jumlah seluruh polimer yang berada di dalam tubuh.

Fungsi molekul protein adalah memelihara struktur tubuh seperti kolagen, untuk fasilitas pergerakan, seperti actin dan myosin untuk kontraksi otot, berikut 7 manfaat protein untuk tubuh kita.

Baca Juga: Pernah Denger Ramalan Jayabaya tentang Tikus Pithi Noto Baris, Ini Maknanya

1. Pembentukan Hormon

Protein yang ada dalam tubuh kita berfungsi untuk membantu organ vital lain dalam proses pembuatan hormon di dalam tubuh adapun di antaranya ialah insulin, sebagai contoh hormon yang mengatur gula darah dalam proses pembuatan insulin akan melibatkan interaksi antara organ pankreas dan hati.

Hormon lainnya adalah secretin yang akan membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk menciptakan cairan yang diperlukan selama proses pencernaan berlangsung.

2. Alat Menyimpan Molekul

Selain membantu membentuk hormon, protein juga bertugas sebagai penyimpan molekul tertentu seperti ferritin yang merupakan protein yang dikombinasikan dengan zat besi, zat disimpan di hati (liver) yang berfungsi sebagai buffer jika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan zat besi.

3. Perbaikan dan Perawatan Jaringan Tubuh

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Cega Kolesterol saat Bulan Puasa Ramdhan

Jumat, 8 April 2022 | 17:15 WIB

5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Minggu, 13 Maret 2022 | 18:00 WIB

5 Gejala Omicron Paling Banyak Dikeluhkan

Sabtu, 26 Februari 2022 | 11:00 WIB
X