• Kamis, 11 Agustus 2022

Gerakan Tarik Plastik, Get Plastic; Merespon Tantangan Pengurangan Sampah Plastik 2025 Lewat 'Kolaboraksi'

- Rabu, 15 Desember 2021 | 17:30 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

STRATEGI.ID - Sekumpulan anak muda ‘gila’ yang kaya ide memilih jalan sepi di tengah hingar bingar euforia zaman yang dipenuhi gaya hidup konsumerisme dan hedonisme.

Mereka adalah anak zaman yang lebih suka berpijak ke bumi dengan menjawab panggilan hidupnya untuk mengabdikan diri bagi penyelamatan bumi dan lingkungan dari kerusakan akibat ulah manusia.

Plastik yang merupakan produk dari modernitas zaman, menjadi fokus utama dari gerakan yang mereka inisiasi dengan melakukan pengelolaan dan pengolahan sampah plastik sejak tahun 2016.

Baca Juga: Ikatan Cinta Malam Ini 15 Desember 2021: Rendy Bantu Orang ini Agar Tidak Gila, Al dan Andin Rayakan Kehamilan

Mereka lebih memilih untuk melakukan down cycle terhadap sampah plastik dengan mendaur kembali sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui sebuah Inovasi mesin pyrolysis.

Inovasi yang dikembangkan sejak tahun 2014 hingga saat ini, telah menghasilkan 12 purwarupa dengan desain dan kinerja mesin yang lebih efektif dan efisien.

Di tahun 2020, gerakan ini bermetamorfosa menjadi Yayasan Get Plastic Indonesia dengan sebuah Visi besar yaitu membebaskan Indonesia dari permasalahan sampah plastik.

Baca Juga: Selebgram Cantik Laura Anna dikabarkan Meninggal Dunia

Misi utamanya, mengembangkan mesin pengolahan sampah plastik, melakukan edukasi dan pendampingan komunitas akar rumput.

Harapannya, masyarakat bisa mandiri dalam membangun management waste di daerahnya, sekaligus terus mengkampanyekan untuk bijak berplastik dengan semangat menjaga alam selaras budaya.

Halaman:

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Faktor yang Menyebabkan Serangan Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:30 WIB
X