7 Tips Cara Agar Cuaca Ruangan Sejuk Setiap Saat dan Tidak Perlu Pakai AC Lagi, Begini Caranya Loh!

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi gambar (Freepik)
Ilustrasi gambar (Freepik)

STRATEGI.ID - Indonesia merupakan negara tropis yang dengan segala kelebihan terutama soal cuaca dan iklim, cahaya matahari berlimpah sehingga bisa menyehatkan rumah, meskipun memang suhu kawasan memang panas, namun curah hujan juga tinggi, angin yang berhembus pun kencang, dan kelembapan juga tinggi.

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang bisa beradaptasi dengan cuaca panas, apalagi sejak murahnya harga pendingin udara sehingga hal ini menjadi cara agar ruangan sejuk yang paling mudah".

Padahal kalau melihat cara kerja arsitek dalam mendesain rumah tropis, arsitek bisa tidak memasukkan pendingin udara, jendela pintu atau bukaan lainnya telah dirancang supaya menjadi cara agar cuaca di ruangan sejuk tanpa pendingin udara kalau menggunakan pendingin udara atau air conditioner (AC) di rumah memang paling mudah.

Baca Juga: Sekjen DPR RI: Patung Garuda Pancasila di Gedung DPR/MPR RI dan Masa Depan Aceh

Pendingin udara hanya perlu diatur sesuai keinginan dan hawa panas di rumah pun langsung hilang, namun bagi kamu yang ingin menghemat listrik atau memang tidak ingin menggunakan AC kecuali saat tidur

Ada sejumlah cara mudah untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk dengan mudah dan murah, di kutip dari situs properti Rumah123.com akan menjelaskan cara agar ruangan sejuk tanpa menggunakan pendingin udara atau AC.

1. Memasang Kipas Angin

Salah satu cara membuat ruangan dingin, pasang saja kipas angin pada beberapa tempat agar ruangan menjadi sejuk ada banyak pilihan kipas angin mulai dari yang dipasang di dinding, di plafon, kipas angin untuk di meja, hingga kipas angin dengan dudukan yang tinggi, kalau mau ruangan terlihat lebih cantik, pasang saja kipas angin pada plafon, biasanya bentuknya lebih beragam.

2. Mengaplikasikan Cat Eksterior Anti Panas

Teknologi untuk hunian semakin berkembang, salah satunya cat eksterior yang bisa mengurangi panas, cat ini memang dirancang untuk mengurangi penyerapan sinar matahari dan memantulkannya kembali, suhu di dalam ruangan biasanya bisa turun 2-3 derajat dari temperatur di luar rumah.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Ubi Cilmebu untuk Kesehatan

Senin, 23 Mei 2022 | 09:00 WIB
X