• Jumat, 20 Mei 2022

Faktor Thylacine, Harimau Tasmania Punah 80 Tahun Lalu

- Kamis, 20 Januari 2022 | 18:50 WIB
  •  

STRATEGI.ID - Thylacine atau Harimau Tasmania merupakan marsupialia karnivor. Memiliki punggung bercorak belang, membuatnya dijuluki sebagai harimau.

Namun ada juga yang menjulukinya thylacine Harimau Tasmania sebagai serigala karena bentuk tubuhnya dan sifatnya yang mirip dengan family Canidae.

Keberadaan thylacine harimau Tasmania tersebut kini banyak dipertanyakan oleh setiap orang. Hewan ini dianggap punah sekitar 80 tahun lalu. Diketahui Harimau Tasmania terakhir mati pada tahun 1963.

Baca Juga: 7 Hewan Dengan Perilakunya Ini Bisa Mendeteksi Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami

Berikut beberapa faktor yang diyakini penyebab punahnya thylacine.

Faktor Pertama, Manusia; Menurut National Museum Australia, dengan mulai berdatangannya Orang-orang Erofa ke Australia ditahun 1800-AN membuat teritori Thylacine makin lama makin mengecil.

Dikarnakan Orang-orang Erofa banyak yang menjadi peternak, Domba-domba mereka ini dimangsa sama Thylacine.

Baca Juga: Segera Singkirkan ! 6 Hewan Ini Tidak Baik Ada Dirumah

Dianggap Thylacine sebagai hama yang harus dibasmi, Diperkirakan dari 1830 - 1920 ada sekitar 3500 Thylacine Jadi korban perburuan.

Faktor kedua, Kelalaian petugas kebun binatang; Pada tanggal 6 september 1936 malam hari petugas-petugas pulang, Satu penjaga yang bertanggung jawab atas the last tasmanian tiger yang diberi nama Benjamin.

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hemat BBM Saat Mudik, Ikuti Tips Ini!

Jumat, 22 April 2022 | 03:00 WIB
X