Agar Indonesia Jadi Negara Besar, Universitas Moestopo Dukung Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah

- Selasa, 19 April 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi patung pendiri universitas Moestopo yang ingin memberi kemajuan peradaban suatu bangsa  dengan terus berkembangnya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan (Univeritas Moestopo)
Ilustrasi patung pendiri universitas Moestopo yang ingin memberi kemajuan peradaban suatu bangsa dengan terus berkembangnya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan (Univeritas Moestopo)

STRATEGI.ID - Salah satu bukti kemajuan peradaban suatu bangsa adalah dengan terus berkembangnya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dan dari sekian banyak cara, kualitas publikasi dan jurnal ilmiah bisa dilihat sebagai salah satu tolak ukurnya.

Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn. menjelaskan bila saat ini sebagian besar bidang akademik telah mapan memiliki jurnal dan bentuk publikasi tersendiri, meskipun banyak pula terdapat jurnal akademik yang bersifat interdisipliner (antar cabang) dan mempublikasikan karya dari beberapa bidang yang berbeda.

Publikasi ilmiah pun saat ini sedang mengalami perubahan yang besar dengan adanya transisi dari format penerbitan cetak ke arah format elektronik, yang tentu memiliki model bisnis berbeda dengan pola sebelumnya.

Baca Juga: Sudah Terima THR Tapi Angkanya Tidak Sesuai? Mungkin Karena Ini Penyebabnya!

Tren umum yang berjalan sekarang, akses terhadap jurnal ilmiah secara elektronik disediakan secara terbuka.

Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, maupun yang disediakan oleh para penulis artikel jurnal itu sendiri

"Meski begitu, tentu kualitas setiap jurnal haruslah kita jaga bersama karena dari jurnallah kita tahu buah pemikiran baru anak bangsa," kata Prof. Rudy dalam Seminar Nasional 'Peningkatan Penulisan Publikasi Ilmiah di Jurnal Berreputasi Nasional', Selasa (19/4/22).

Baca Juga: Marc Klok Jadi Pemain Naturalisasi ke-7 Persib Bandung

Prof. Rudy lalu memaparkan kalau saat ini jumlah jurnal di Indonesia dari berbagai bidang sudah mencapai sekitar 10.000 jurnal dengan ratusan ribu artikel ilmiah per tahun. Angka ini tentu bukan angka yang kecil dan tugas akademisi untuk menjaga kualitas terbitan tersebut.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Ubi Cilmebu untuk Kesehatan

Senin, 23 Mei 2022 | 09:00 WIB
X