• Kamis, 11 Agustus 2022

Ini Dia Amalan Sebelum Sholat Sunnah Idul Adha Dan Aturan Makan Bagi Yang Berqurban

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Hari raya Idul Adha  (freepik)
Ilustrasi Hari raya Idul Adha (freepik)

STRATEGI.ID - Hari Raya Idul Adha untuk umat Muslim jatuh pada tanggal 9 Juli 2022, banyak umat muslim di seluruh dunia yang merayakan dengan berqurban dan sholat sunnah Idul Adha, taukah kalian bahwa sebelum sholat sunnah ada amalan yang harus kita kerjakan.

Sebelum berangkat sholat Idul Adha ada beberapa amalan sunnah sholat yang dianjurkan untuk dilaksanakan, sunnah  sebelum sholat Idul Adha itu antara lain mandi, memilih pakaian yang baik, dan memakai parfum.

Bolehkah jika kita makan sebelum sholat sunnah Idul Adha? berikut penjelasannya di bawah ini, Ada beberapa hadist yang menyebut bahwa sebaiknya kita tidak makan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha. Berikut hadist-hadist yang berhubungan dengan anjuran tersebut. 

Baca Juga: DPW PRIMA Maluku Utara Siap Daftar ke KPU Provinsi

1. HR. Ahmad 5: 352

Syaikh Syu’aib Al Arnauth. Hadist riwayat tersebut berbunyi, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fithri dan beliau makan terlebih dahulu, sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya".

2. Al Mughni, 2: 228

Hadist riwayat Al Mughni tersebut berbunyi, “Imam Ahmad berkata: “Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali dan memakan hasil sembelihan qurban, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan qurbannya. Jika seseorang tidak memiliki qurban (tidak berqurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum shalat ‘ied".

Kesimpulannya merujuk kepada dua hadist di atas, jawaban untuk pertanyaan bolehkah makan sebelum sholat Idul Adha, jawabannya adalah lebih baik tidak makan, hal itu karena jika makan sampai kenyang itu dapat menghambat gerakan sholat kita nantinya.

Baca Juga: Antonius Benny Susetyo: 'Polisi Harus Lebih Humanis dan Meneladani Pancasila'

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Faktor yang Menyebabkan Serangan Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:30 WIB
X