• Kamis, 11 Agustus 2022

Bukan Hanya Buat Mabuk, Bir Juga Bermanfaat Buat Kesehatan

- Selasa, 19 Juli 2022 | 20:00 WIB
Skema barter bir dengan minyak goreng mendapat respon bagus dari warga.
Skema barter bir dengan minyak goreng mendapat respon bagus dari warga.

STRATEGI.ID-Banyak orang menganggap bahwa minum bir hanya akan mencari penyakit saja. Tapi, apa benar begitu faktanya? Sudah lama peneliti menemukan manfaat bir untuk kesehatan.

Namun tentu saja manfaat ini hanya akan didapat jika bir diminum sesekali saja dan tidak berlebihan, alias tidak sampai membuat mabuk.

Apa saja manfaat bir bagi kesehatan?

Baca Juga: UAD FAIR Asah Skill dan Jiwa Enterpreneurship Sebelum Terjun Menjadi Wirausahawan Muda di Pasar Bebas

1. Kesehatan otak

Melalui penelitian pada 3.660 peserta, ditemukan bahwa orang yang minum bir kurang dari seminggu sekali akan lebih besar risikonya terkena stroke dibanding yang suka minum bir. Peneliti menyimpulkan, hal ini terjadi karena alkohol memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Tetapi, minum bir terlalu banyak juga akan menyebabkan atrofi otak (volume atau kemampuan otak berkurang). Selain itu, minumlah bir yang kaya akan nutrisi, seperti yang mengandung protein, vitamin B, zat besi, riboflavin dan magnesium.

2. Membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer

Para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menganalisis beberapa studi dan menyimpulkan bahwa para peminum bir 23% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Faktor yang Menyebabkan Serangan Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:30 WIB
X