• Rabu, 17 Agustus 2022

Debat Pemira, Pra Pemilu Mahasiswa yang Rawan Kerusuhan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

- Senin, 1 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Suasana Debat Pemira Universitas Indraprasta PGRI (pribadi )
Suasana Debat Pemira Universitas Indraprasta PGRI (pribadi )

STRATEGI.ID - Istilah Pemira berasal dari singkatan dari Pemilihan Umum Raya atau Pemilihan Raya ini adalah Pemilu yang terselenggara di lingkup kampus atau universitas.

Pemira biasanya terjadi di satu tahun sekali dan menjadi agenda tahunan dari organisasi-organisasi internal kampus dari tingkat Himpunan mahasiswa atau Hima hingga BEM Universitas.

Pemira terjadi karena diharuskan adanya pergantian orang untuk menduduki jabatan yang ada di BEM Fakultas, BEM Universitas, hingga Dewan Perwakilan Mahasiswa atau yang sering disingkat sebagai DPM.

Baca Juga: Aktivis 98, Mahendra Uttungadewa : Penggorengan Kasus Polisi Tembak Polisi Terkait Kontestasi Politik 2024

Pada pemira tentunya tidak serta merta berdiri sendiri, ada Komisi Pemilihan Umum(KPU), Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) untuk Pemira dan juga panita Pemira itu sendiri

Dalam Pemira terdapat alur-alur sebelum pemilihan itu berlangsung, alur-alurnya adalah dari verifikasi berkas calon, Fit & Propper Test , Masa Kampanye, Debat, dan barulah Pemilihan atau pemungutan suara yang sehari setelah pemilihan itu berlangsung aka nada perhitungan suara yang akan menentukan siapa saja yang terpilih dari Pemira ini.

Salah satu dari alur Pemira adalah Debat Pemirs yang menjadi titik penentu kelayakan calon-calon yang akan naik menjadi ketua-ketua di BEM Fakultas, BEM Universitas, dan juga DPM.

Debat Pemira ini biasanya terdapat undangan-undangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) Universitas, dan juga Organisasi-Organisasi Internal kampus yang sering disebut sebagai Ormawa, dan juga turut mahasiswa Umum juga andil menjadi peserta debat Pemira.

Baca Juga: Terus Perbaiki Asabri, Erick Ingin Pastikan Masa Depan Pensiunan Terjaga

Kerusuhan kerap kali terjadi di Debat Pemira, entah itu karena persilangan pendapat yang tidak bisa diselesaikan dengan kepala dingin, hingga faktor dari eksternal debat Pemira yang seringkali juga menjadi penyebab kerusuhan yang terjadi dikala Debat Pemira.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X