• Kamis, 11 Agustus 2022

Mengenal Satire, Gaya Sindir Halus yang Minim Penolakan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi Satire (pribadi )
Ilustrasi Satire (pribadi )

STRATEGI.ID - Satire menurut KBBI daring, Satire adalah gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang.

Selain itu Satire juga biasa dikenal sebagai ejekan atau sindiran yang dilakukan secara halus dan seringkali tidak disadari kalau hal itu adalah Satire.

Satire dilakukan dengan cara membuat suatu hal menjadi bahan tertawaan atau hiburan yang ditujukan untuk menertawakan suatu hal.

Baca Juga: Kecelakaan Melibatkan Truk Pertamina Lagi, 1 Meninggal 2 Orang Luka Berat di Semarang

Gaya bahasa Satire termasuk dalam cara gaya bahasa Kiasan yang ditujukan juga untuk ungkapan kritik, penolakan, atau sindiran.
Satire tentunya sangat berbeda dengan Sarkasme, sarkasme cenderung lebih kasar dan tajam karena betul-betul menyindir tanpa ampun.

Satire cenderung lebih halus karena seringkali menggunakan lelucon dan lebih minim penolakan dari khalayak karena lelucon yang dibuat untuk satire lebih halus dan sering tidak terdeteksi sebagai satire.

Beberapa orang pasti pernah menganggap suatu satire yang tersebar adalah suatu kebenaran adanya karena satire yang disebar terlalu halus.

Tentu kejadian tersebut bisa menambah keseruan dari satire yang tersebar karena ketidaktahuan atas satire yang tersebar.

Baca Juga: Publik Mengapresiasi Capaian KPK

Satire seringkali digunakan untuk menyindir suatu keadaan politik dengan penambahan calon baru ataupun kemunculan sosok baru untuk menyindir suatu keadaan yang runyam.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Faktor yang Menyebabkan Serangan Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:30 WIB
X