• Kamis, 11 Agustus 2022

SKSG Universitas Indonesia Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lombok

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:25 WIB
Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia selalu mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Penelitian, Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat (pribadi )
Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia selalu mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Penelitian, Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat (pribadi )

STRATEGI.ID - Sebagai salah satu Perguruan Negeri terkemuka di Indonesia, Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia selalu mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Penelitian, Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat.

Salah satu implementasi yang saat ini tengah dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Berlokasi di Desa Sembalun Bumbung, Sembalun Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, SKSG UI melakukan pelatihan pada 100 orang santri dan santriwati.

Pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini mengusung tema etika bermedsos untuk santri dan santriwati dengan materi berupa pengertian serta praktek penggunaan dan beretika dalam bermedia sosial.

Baca Juga: Puan Maharani: Kelaparan di Lanny Jaya Harus Jadi yang Terakhir

Menurut Wakil Direktur SKSG UI, Dr. Eva Achzani Zulfa. SH, MH. acara yang dilakukan dari tanggal 5 - 9 Agustus 2022 ini ini merupakan kesempatan bagi SKSG UI untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini karena, Dr. Eva mendapati fakta di lapangan bahwa membimbing siswa santri di saat pandemi masih sulit. Terlebih lagi, umumnya santri dan santriwati yang mereka latih adalah anak-anak yang dibesarkan dan dirawat oleh kakek atau neneknya, sementara orang tua mereka bekerja menjadi TKI atau TKW.

"Sehingga kebutuhan akan gadget terpenuhi, namun tidak diimbangi dengan pengawasan yang baik mengingat kakek atau nenek mereka tidak memahami media sosial alias gaptek," kata Dr. Eva di Lombok.

Karena itu, Dr Eva mengapresiasi para pendidik mulai dari ustadz/ustadzah serta guru-guru yang mengambil peran lebih besar dalam pembinaan santri. Sebab metode dan strategi pembelajaran yang baik adalah kunci penting dalam pembinaan santri. 

Baca Juga: Polda Metro Jaya Siapkan Rencana Perubahan Jam Kantor

"Kesadaran bahwa gadget ibarat pisau yang kalau digunakan tepat akan sangat berguna, tetapi bila salah menggunakan akan berbahaya menjadi misi SKSG UI di Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini," paparnya.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Faktor yang Menyebabkan Serangan Jantung

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:30 WIB
X