• Minggu, 28 November 2021

5 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:30 WIB
manfaat bunga telang untuk kesehatan (Pixabay/stux)
manfaat bunga telang untuk kesehatan (Pixabay/stux)
STRATEGI.ID - Tahukah Anda Bunga Telang yang berasal dari Asia tropis, memiliki warna keunguan dikenal sejak dulu bermanfaat bagi kesehatan.
 
Tanaman bunga telang ini sering ditemukan dipekarangan rumah atau tepi hutan,tumbuhan ini merupakan tanaman yang merambat dari keluarga polong-polongan.
 
 
Bunga telang memiliki senyawa fenol,delphirridin,triglucoside, alkaloid, flavonoid,saponin,sulfur,dan ca-oksalat pada bagian-bagian daunnya dan ada pula kandungan senyawa seperti kaemferol 3-glukoside dan triterperroid.
 
Berikut 5 manfaat dari bunga telang bagi kesehatan :
 
1.Bersifat Deuretik
 
Karena senyawa bunga telang mempunyai kemampuan melancarkan Air seni, caranya mudah,rebus 0,3 gram akar bunga telang kering sebanyak delapan gelas sampai tersisa dua gelas setelah dingin saring air rebusan dan diminum 2x sehari masing-masing satu gelas.
 
 
2. Pembasmi Racun
 
Teh herbal dari bunga telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun yang terdapat didalam sistem pencernaan, cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menyeduh dua kuntum bunga telang kedalam air panas dan biarkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu ramuan tersebut sudah bisa dikonsumsi.
 
3.Mengobat penyakit kulit seperti bisul dan jerawat 
 
Timbulnya bisul dapat diatas dengan tumbukan bunga telang dengan dicampur gula jawa, caranya, gunakan bunga telang yang sudah ditumbuk tersebut di daerah yang terkena bisul, lakukan sampai bisul sembuh.
 
Sedangkan untuk mengobati jerawat haluskan daun akar atau bunga lalu berikanlah area jerawat yang mau di obati.
 
 
4.Pembersih Mata dan Menyembuhkan mata merah
 
Manfaat bunga telang sudah banyak digunakan diberbagai kalangan masyarakat sebagai obat gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya.
 
Caranya dengan mencampurkan 5 bunga telang dengan 50 mililter air, proses tersebut akan membuat air bewarna biru kental, setelah itu barulah saring air, dan dapat dijadikan sebagai obat tetes mata.
 
 
5.Menghitamkan dan Menguatkan Rambut 
 
bunga telang juga dapat berkhasiat untuk memperkuat dan menghitamkan rambut, cara tersebut dapat dilakukan dengan langkah menghaluskan bunga dan dibalurkan sebagai pengganti sampo.***

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lebih Beresiko Mana Vape Atau Rokok? Simak Penjelasannya

Selasa, 23 November 2021 | 06:00 WIB

Kenapa Tulisan Resep Dokter Sulit Untuk Dibaca Pasien!

Kamis, 18 November 2021 | 13:00 WIB

Tips Menghilangkan Kutil di Leher Dengan Mudah

Minggu, 14 November 2021 | 18:00 WIB

Penyakit Diabetes Penyebab Kematian Nomor 3 Di Dunia

Sabtu, 13 November 2021 | 07:00 WIB

Keuntungan Mengkonsumsi Kurma

Selasa, 9 November 2021 | 08:40 WIB
X