• Sabtu, 29 Januari 2022

Tips Menghilangkan Kutil di Leher Dengan Mudah

- Minggu, 14 November 2021 | 18:00 WIB
Kutil atau veruka vulgaris (American Academy of Ophthalmology )
Kutil atau veruka vulgaris (American Academy of Ophthalmology )

STRATEGI.ID - Apabila anda senang merawat kulit anda dengan baik pasti akan merasa sedikit stres dengan kehadiran kutil di kulit kita. Kutil sendiri adalah  adalah infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat atau kecokelatan, serta terkadang terasa gatal dan sakit jika disentuh.

Kutil atau veruka vulgaris (common warts) disebabkan  oleh sebuah virus yang bernama human papilloma virus (HPV). Virus ini menyerang dan menyebabkan kelainan pada kulit, sehingga kulit memproduksi keratin, yaitu protein penyusun rambut dan kuku, secara berlebihan.

Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Baca Juga: Guangmu, Satelit Ilmu Bumi Pertama Milik Tiongkok

Virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Penularannya dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV.

Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan terkena kutil. Hal ini sangat dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh masing-masing orang.

Kutil memang terkadang membuat sebagian orang tidak nyaman dan sebaiknya segera dihilangkan begitu pun harus segera diobati, sebelum menyebar.

Baca Juga: Sederet Peristiwa Dunia pada setiap 14 November

Walau umumnya tidak berbahaya, kutil dapat menimbulkan rasa sakit, serta mengganggu penampilan dan tentunya membuat tidak percaya diri.

Penyebab kutil muncul di leher dab=n ditempat tempat lain karena terjadinya infeksi virus HPV  pada kulit, terutama kulit yang luka. Jika terjadi pada leher, maka kutil mungkin diawali luka seperti garukan kuku. Luka terbuka ini memungkinkan virus masuk ke dalam lapisan kulit.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu Tipe Pendiam ? Cek No 4

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:30 WIB

Yuk Mulai Mencatat Pengeluaranmu. Ini Tipsnya

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:30 WIB

Kulit Ketiak Anti Gelap, Berikut Bahan Alaminya

Senin, 24 Januari 2022 | 06:45 WIB

Kenali Cara Memilih Popok Yang Baik Untuk Anak

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:20 WIB
X