• Minggu, 23 Januari 2022

Lebih Beresiko Mana Vape Atau Rokok? Simak Penjelasannya

- Selasa, 23 November 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi vape dan rokok  ((freepik) )
Ilustrasi vape dan rokok ((freepik) )


STRATEGI.ID -Banyak masyarakat yang belum memahami perbedaan tembakau konvensional yang dibakar (rokok) dengan tembakau alternatif yang dipanaskan (Vape)  dari sisi kegunaan hingga faktor risiko.

Profesor Riccardo Polosa dari Universitas Catania, Italia, menyebut bahwa salah satu perbedaan antara dua penggunaan tembakau tersebut adalah tembakau yang dipanaskan(vape) memiliki kadar kimia yang lebih sedikit.

"Tembakau yang dipanaskan (vape) telah terbukti menghasilkan kadar zat kimia yang jauh lebih sedikit daripada rokok, ada hipotesis bahwa dengan beralih dari rokok ke produk tembakau yang dipanaskan, peningkatan kesehatan secara klinis dapat diamati,” kata dia dilansir laman Nature, Senin (23/11/21)

Baca Juga: Cerdaskan Anak Bangsa, TNI Jadi Tenaga Pendidik di Perbatasan

Tembakau yang dipanaskan bekerja dengan memanaskan tembakau pada suhu terkontrol di bawah 350 derajat Celcius dengan menjaga suhu tersebut, maka proses pembakaran tidak akan terjadi.

Dengan tidak adanya pembakaran dan asap, maka tembakau alternatif dapat menurunkan risiko terhadap kesehatan hingga 90-95 persen lebih rendah dibanding rokok bakar konvensional.

Baca Juga: Seminggu Menjabat Kapolsek di Patumbak, Kompol Faidir Chaniago,SH,MH Berhasil Sikat Terduga Geng Motor

Vape

Apa bedanya dengan rokok elektrik semisal vape? Bedanya mereka dengan produk tembakau yang dipanaskan adalah vape memanaskan cairan nikotin (e-liquid).

Cairan tersebut dipanaskan atomizer atau sistem pemanas yang berada di dalam vape sehingga penggunanya menghirup nikotin dalam bentuk uap, bukan asap.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenali Cara Memilih Popok Yang Baik Untuk Anak

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:20 WIB
X