• Kamis, 2 Desember 2021

Menjaga Kulit Bayi Dan Anak Agar Tidak Terkena Iritasi Dan Luka

- Jumat, 26 November 2021 | 11:30 WIB
Bayi dan anak adalah buah hati yang harus kita jaga tak terkecuali maslah kesehatan kulit bayi dan anak serta mencegahnya dari ruam dan iritasi (freepik))
Bayi dan anak adalah buah hati yang harus kita jaga tak terkecuali maslah kesehatan kulit bayi dan anak serta mencegahnya dari ruam dan iritasi (freepik))

STRATEGI.ID - Menurut Praktisi Keperawatan Perinatologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Ns. Novardian, M.Kep., Sp.Kep.An, membagikan sejumlah kiat bagi orang tua untuk menjaga kulit bayi dan anak dari iritasi dan luka.

Nova mengatakan, sejumlah permasalahan kulit yang rentan dimiliki bayi dan anak antara lain ruam popok atau iritasi pada kulit bayi di area yang tertutup popok, lalu luka karena gesekan, iritasi dari penggunaan plester, hingga iritasi dari pakaian.

"Itu yang kadang tidak kepikiran sama orang tua yang iritasi karena bayi banyak baring, bajunya mungkin tidak menyerap keringat sehingga menyebabkan iritasi, penekanan area tempat tidurnya dari bahan yang buat berkeringat, atau tidur dengan alas dan lama, itu kadang penerapannya tidak dimengerti orang tua," jelas Nova dalam jumpa pers daring, Kamis (25/11/21).

Baca Juga: Menuai Komentar Positif, Fuji Fokus Asuh Keponakan Gala Anak Vanessa Angel dan Bukan Pansos

Praktisi Keperawatan Perintalogi ini mengatakan, hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah bagaimana pencegahan iritasi dan luka dari awal, hal ini bisa dilakukan melalui penggunaan perlindungan skin barrier.

"Skin barrier bisa digunakan sebagai pencegahan di awal, ini harus dikenalkan lebih lanjut jangan menunggu setelah jadi parah baru diobati," ujar Nova menambahkan.

Dirinya melanjutkan, selain melakukan pencegahan dengan skin barrier orang tua juga bisa menghindari produk dengan pewangi dan alkohol untuk menyembuhkan luka dan iritasi kulit.

Baca Juga: Bonek Tuntut Sepak Bola Indonesia Jujur, Sportif dan Berkemajuan

"Banyak sekali bahan-bahan yang harus kita hindari untuk kurangi iritasi pada kulit bayi dan anak, di antaranya adalah pewangi dan alkohol, alkohol ini keras, namun bisa digunakan berdasarkan konsentrasinya," katanya. 

Khusus untuk iritasi ruam popok sendiri, orang tua dapat mengganti popok si kecil jika terlihat basah atau lembab, orang tua bisa membersihkan kulit bayi dengan tisu basah khusus bayi dan anak yang tanpa pewangi dan alkohol.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengobatan Saraf Kejepit, Minum Ini Agar Lekas Membaik

Minggu, 28 November 2021 | 19:00 WIB

Lebih Beresiko Mana Vape Atau Rokok? Simak Penjelasannya

Selasa, 23 November 2021 | 06:00 WIB
X