• Senin, 23 Mei 2022

Cara Menghilangkan Bisul Di Bokong Dan Gejala Munculnya Bisul

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 22:00 WIB
gejala bisul di bokong kadang sering buat jengkel dan sulit beraktifitas normal namun dengan terapi tertentu masalah ini dapat diatasi (derneuemann dari pixelbay)
gejala bisul di bokong kadang sering buat jengkel dan sulit beraktifitas normal namun dengan terapi tertentu masalah ini dapat diatasi (derneuemann dari pixelbay)

STRATEGI.ID -Seringkali kita akan merasa tidak nyaman jika pada bagian tubuh muncul jerawat atau alergi.Selain jerawat dan alergi banyak sebagian orang juga mengeluhkan munculnya bisul pada bagian tubuh terutama yang sering terjadi pada area bokong.

Munculnya bisul seringkali disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Seperti infeksi kulit yang berisi nanah,biasanya tumbuh di sekitar folikel rambut. Kondisi ini dapat terjadi di mana saja, termasuk bagian bokong

Bisul umumnya bisa disembuhkan dengan langkah mudah dan jarang memerlukan penanganan medis oleh dokter. Berikut beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan :

Baca Juga: RANS Entertainment Buka Lowongan Kerja Di Awal Tahun, Ayo Segera Gabung!

1. Kompres dengan air hangat minimal 3 kali sehari

2. Bersihkan bisul yang pecah dengan kain kasa dan alkohol serta sabun anti bakteri.
 
3. Bubuhkan obat oles dan bungkuslah bisul yang pecah dengan kasa steril
 
4. Ganti perban secara berkala setiap 2-3 kali sehari
 
 
5. Cucilah tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah tindakan
 
6. Hindari memecahkan bisul secara paksa karena dapat memperburuk infeksi yang terjadi dan memicu penyebaran bakteri ke kulit yang sehat
 
7. Jika nyeri, konsumsilah obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
 
8. Hindari memecahkan bisul secara paksa karena dapat memperburuk infeksi yang terjadi dan memicu penyebaran bakteri ke kulit yang sehat
 
 
9. Jika nyeri, konsumsilah obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
 
10.Jika bisul berukuran besar, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan khusus.  Dokter biasanya akan membedah bisul guna mengeluarkan nanah. Obat antibiotik juga mungkin akan diresepkan bagi Anda untuk menangani bisul.
 
Gejala Munculnya Bisul Di Bokong

Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam kulit yang terasa sakit ketika Anda menyentuhnya. Lambat laun, ruam kemerahan ini membentuk benjolan kecil yang keras, terisi penuh oleh nanah, dan terasa nyeri.
Baca Juga: Liga 1 Indonesia, Bomber Haus Gol Persija Berada Di Puncak Topskor Sementara

Benjolan ini berdiameter kira-kira 1,5 cm yang nantinya bisa membesar sampai 5 cm. Semakin besar diameter bisul, maka akan terasa semakin nyeri jika disentuh.

Beberapa benjolan terdapat di lapisan kulit yang lebih dalam, lalu muncul dan mengeluarkan cairan berisi darah dan cairan putih atau nanah. Setelah benjolan berisi nanah, rasa nyeri akan berkurang namun bengkak dan kemerahan menetap dalam beberapa hari atau minggu. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bengkak.

Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini dapat meluas memasuki aliran darah dan menginfeksi organ sekitar, menyebabkan infeksi.
Baca Juga: Makanan dan Oleh-oleh Khas Sragen Jawa Tengah yang Wajib di Coba

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.***
 

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Cega Kolesterol saat Bulan Puasa Ramdhan

Jumat, 8 April 2022 | 17:15 WIB

5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Minggu, 13 Maret 2022 | 18:00 WIB

5 Gejala Omicron Paling Banyak Dikeluhkan

Sabtu, 26 Februari 2022 | 11:00 WIB
X