• Kamis, 11 Agustus 2022

Tips Mengobati Batu Ginjal Tanpa Perlu Operasi

- Jumat, 28 Januari 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi batu ginjal. ( Foto Istimewa)
Ilustrasi batu ginjal. ( Foto Istimewa)

STRATEGI.ID - Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal.

Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh).

Biasanya, orang yang mengalami gejala penyakit batu ginjal akan lebih sering mengeluhkan sakit sakit saat ingin buang air kecil dan nyeri punggung,air seni berdarah atau sering buang air kecil.

Baca Juga: Terkait Kasus Ujaran Kebencian, Mantan Politisi PKS Mangkir dari Panggilan Mabes Polri

Jika penyakit batu ginjal sudah berukuran besar maka akan menimbulkan resiko komplikasi, seperti, cedera pada ureter,pendarahan didalam tubuh, bahkan Infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh melalui darah atau bakterimia

Pada umumnya penyakit batu ginjal Lebih sering terjadi pada orang yang berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka

Berikut ini tips mengobati batu ginjal tanpa operasi :

Pertama, Minum air putih. Kebanyakan penyebab batu ginjal adalah dehidrasi. Minum banyak air dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Kimia Farma Sedang Membuka Lowongan Kerja, Simak Posisi dan Persyaratannya!


Kedua, Cuka apel. Cuka apel sangat baik untuk menghilangkan batu ginjal secara alami.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Cega Kolesterol saat Bulan Puasa Ramdhan

Jumat, 8 April 2022 | 17:15 WIB
X