• Kamis, 11 Agustus 2022

Cara Hindari Sakit Maag Saat Menjalankan Ibadah Puasa

- Jumat, 8 April 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi sakit maag (derneuemann)
Ilustrasi sakit maag (derneuemann)

STRATEGI.ID-Seluruh umat islam di dunia wajib menjalankan ibadah puasa, selama bulan Ramadhan.

Akan tetapi untuk orang yang memiliki riwayat sakit maag, saat menjalani ibadah puasa wajib mengatur pola makannya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr.Bonita Effendi,Sp.PD, B.MedSci, M.Epid mengatakan, pasien yang memiliki penyakit maag, wajib berbuka puasa dengan porsi kecil dahulu.

"Ketika berbuka puasa sebaiknya tidak langsung makan dalam porsi besar, lakukan dengan bertahap, makan dengan porsi sedikit terlebih dahulu kemudian dengan frekuensi agak sering sampai jam sahur. Misalnya, berbuka dengan buah kurma," ujar Bonita.

Baca Juga: Jelang Lebaran 2022, Kemenkes Sebut Ketersediaan Vaksin Booster Mencukupi

Menurut Bonita, mengatur jeda waktu makan dan istirahat pun perlu diperhatikan, sebab jika tidak di atur maka bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

“Sebaiknya memberi jeda antara waktu makan dan waktu tidur minimal 2 jam untuk mencegah risiko naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan refluks gastroesofageal,” ujar Bonita

Bonita menjelaskan efluks gastroesofageal, yakni semacam gangguan pencernaan kronis, yang menyebabkan asam dari perut mengalir kembali ke kerongkongan.

Selain itu, pasien penyakit maag diharuskan untuk selalu sahur, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Cega Kolesterol saat Bulan Puasa Ramdhan

Jumat, 8 April 2022 | 17:15 WIB
X