• Sabtu, 27 November 2021

Ditonton 65 Juta Kali, 'Easy On Me' Adele Puncaki YouTube Music

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:30 WIB
'Easy On Me' merupakan balada traditional Adele dari album '30' yang bakal dirilis November 2021 mendatang (Instragram: Adele)
'Easy On Me' merupakan balada traditional Adele dari album '30' yang bakal dirilis November 2021 mendatang (Instragram: Adele)

STRATEGI.ID - Adele, penyanyi perempuan asal Inggris bernama lengkap Adele Laurie Blue Adkins MBE, akhirnya merilis 'Easy On Me'.

Dirilis melalui channel YouTube Adele, video klip 'Easy On Me' sudah ditonton 65.783.719 kali dengan 185.963 komentar dari para penggemar dari berbagai belahan dunia per Senin, (18/10/21) dini hari.

'Easy On Me' merupakan single pembuka untuk album '30' yang akan dirilis pada 14 November mendatang. Hingga kini, Adele sudah merilis tiga album yaitu '19' (2008), '21' (2011), dan '25' (2015). Album ‘30’ mengacu pada usianya saat dia mulai merekam album.

Baca Juga: Manusia Silver Maling Handphone Viral di Medsos

Untuk Anak
'Easy on Me' sendiri bercerita tentang perpisahan dengan mantan suaminya, pebisnis Simon Konecki, yang resmi bercerai darinya tahun ini. "Saya belajar banyak dari kebenaran rumah tangga, (termasuk) tentang diri saya selama ini," kata Adele, dikutip dari E! News.

"Saya telah melepaskan banyak lapisan, tetapi juga membungkus diri saya dengan yang baru. Menemukan mentalitas yang benar-benar berguna dan sehat untuk memimpin, dan saya merasa akhirnya menemukan perasaan saya lagi. Saya akan mengatakan bahwa saya tidak pernah merasa lebih damai dalam hidup saya," sambung Adele panjang lebar.

Penyanyi bersuara keren ini mengatakan, 'Easy On Me' adalah cara dirinya meminta pengertian putra dan mantan suaminya mengenai keputusannya untuk meninggalkan pernikahannya pada 2019.

Baca Juga: Achmad Baidowi Mengecam DC Comics dan Meminta Hentikan Peredaran Komik Superman Biseksual

Melalui akun Instagramnya, Adele juga menceritakan bagaimana menulis lagu untuk album '30' membantunya bangkit dari rasa sakitnya setelah perceraiannya. Bintang itu mengatakan, album ini direkam untuk membantu putranya yang berusia delapan tahun memahami perceraian mereka pada tahun berikutnya.

Kepada majalah Vogue, bintang yang menyabet penghargaan Academy Award lagu orisinal terbaik untuk lagu tema James bond, Skyfall (2013) mengatakan, “Saya ingin menjelaskan kepadanya melalui rekaman ini ketika dia berusia 20-an atau 30-an, siapa saya dan mengapa saya secara sukarela memilih untuk membongkar seluruh hidupnya demi mengejar kebahagiaan saya sendiri," tutur Adele.
 
"Itu membuatnya kadang-kadang sangat tidak bahagia. Dan itu adalah luka nyata bagi saya yang saya tidak tahu apakah saya bisa sembuh," tambah penyanyi yang menerima gelar kehormatan Most Excellent Order of the British Empire (MBE) dari Pangeran Charles  di Istana Buckingham pada 2013 silam.

Baca Juga: Anggota Komisi VIII DPR Desak Pemerintah Larang Peredaran Komik DC Superman ‘Biseksual’

Video musik yang disutradarai Xavier Dolan memilih momen transisi dari hitam putih ke warna penuh diikuti dengan denting piano dan vokal Adele yang membius. Dalam bait demi bait nya, pendengar diajak terhanyut dengan pengakuan Adele, bahwa perpisahannya terjadi saat ia masih hijau.

Ia juga menyerah setelah berusaha keras mempertahankan hubungannya dan memperjelas bahwa ini adalah suara seorang wanita yang telah membongkar seluruh dunianya. Dia menyadari tidak perlu merasa bersalah. Kedekatan emosi itu terlihat dalam vokalnya, yang secara bersamaan kuat dan rapuh. Tapi ada juga kemurahan hati dari lagu itu. Suara Adele penuh penyesalan, tetapi juga tekad.

Baca Juga: Mengaku Salah, Baim: Gue Tidak Mengetahui Adab

Reaksi Teman Terdekat
Kepada Zoe Ball dari BBC Radio 2, Adele juga mengatakan album ini "sangat sulit untuk dibuat".

"Saya menyanyikan hal-hal yang bahkan tidak saya sadari sedang saya rasakan atau pikirkan," ujarnya seraya menambahkan bahwa penting baginya untuk membagikan emosi itu kepada dunia. Adele mengakui bahwa awalnya teman-temannya tidak terlalu terkesan dengan 'Easy On Me'. Itu terjadi ketika dia memainkan demo untuk mereka.

"Saya mengirim cuplikannya ke tiga teman terdekat saat saya sedang menulisnya," katanya.

Baca Juga: Tidak Mau Direkam ! Baim Wong Meminta Maaf Ke Kakek Suhud
 
"Yang satu tidak suka, yang satu seperti 'terus mencoba', dan yang lainnya bilang 'Saya sibuk bekerja'. Jadi itu respons yang sempurna. Tetapi setelah selesai, mereka menyukainya," tambahnya. Saat ini, sebagian besar waktu Adele hanya untuk sahabat dan manajernya.

Ketika akhirnya dirilis ke publik, reaksi pertama sahabat dan manajer Adele adalah “Apapun lagunya 'senang mendengar Anda bernyanyi'," ucap Adele meniru komentar sahabat dan manajernya dalam wawancara dengan Greg James dari BBC Radio 1.

'Easy On Me' merupakan balada traditional Adele.  Banyak yang memperkirakan, 'Easy on Me' merupakan petunjuk bahwa sisa album ini akan menampilkan sisi yang lebih eksperimental dari musik Adele.

Baca Juga: Rachel Venya Kabur Saat Karantina dibantu Oknum TNI, Coba Apa Komentar Nikita Mirzani

Radio 2 DJ Jo Whiley mengatakan, ada "semua jenis" suara dan genre di album tersebut. "Ada satu yang saya dengarkan dan itu membuat saya merasa sangat sedih," ucap Whiley .

"Dia benar-benar mencurahkan isi hatinya dan suaranya, menurut saya, tidak pernah terdengar lebih baik. Saya benar-benar terkejut dengan ketinggian yang dia capai - dan kekuatan serta resonansi dalam suaranya luar biasa," imbuhnya.

Sementara itu, bintang Kanada Drake memberi tahu pengikut dalam Instagram-nya "salah satu teman terbaik saya di dunia baru saja merilis satu lagu".
 
Kemudian penyanyi solo dan mantan anggota Fifth Harmony Normani Kordei menyatakan "Adele oh Adele I love uuuuuuuu."

Tidak ketinggalan pula bintang film 'Clueless' Alicia Silverstone memposting video lucu di TikTok tentang bagaimana dia bersiap untuk menenggelamkan kesedihannya dengan membawa beberapa botol minuman sambil mendengarkan 'Easy On Me' milik Adele.

Baca Juga: Agnes Mo Jadikan Adam Rosyadi Pacar Karena Hal ini !

Kebangkitan
Album '30' diperkirakan akan menjadi titik balik kebangkitan industri musik Inggris. Soalnya, satu album Inggis yang dirilis sejak awal tahun 2020, 'Dua Lipa's Future Nostalgia' butuh 10 bulan untuk mencapai mendapatkan platinum. Ini berbeda jauh dengan album ketiga Adele '25' yang meraih platinum dalam 24 jam pertama. Album ini kemudian menjadi album terlaris ke-14 di Inggris sepanjang masa, dengan penjualan lebih dari 3,6 juta.

Sony, label album '30' berharap dapat menyamai tingkat penjualan album ketiga Adele meskipun pasar CD telah menurun drastis sejak 2015 dan angka streaming Adele belum menyamai rekan-rekannya. Sony yakin musik di album '30' akan meningkatkan angka-angka itu, meskipun Adele harus bersaing ketat dengan Ed Sheeran, Taylor Swift, Abba, dan Coldplay, yang juga bakal merilis materi baru dalam beberapa minggu mendatang.

Martin Talbot, kepala eksekutif Official Charts Company,  memperkirakan Adele akan muncul di puncak. Martin juga menambahkan album '30' berpeluang kuat untuk mendapatkan platinum di minggu pertama.***

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X