• Jumat, 20 Mei 2022

Film Penyalin Cahaya (2021) : perjuangan para penyintas kekerasan seksual 

- Jumat, 21 Januari 2022 | 20:15 WIB
Film Penyalin Cahaya (Pikiran Rakyat)
Film Penyalin Cahaya (Pikiran Rakyat)

*Spoiler Alert: Review film Penyalin Cahaya ini mengandung bocoran yang bisa saja mengganggu kamu yang belum menonton.

STRATEGI.ID - Setelah tayang di Busan International Film Festival dan juga meraih 12 Piala Citra pada gelaran Festival Film Indonesia 2021, film Penyalin Cahaya akhirnya rilis pada 13 Januari 2022. Film ini menjadi debut penyutradaraan film panjang dari Wregas Bhanuteja.

Sinopsis film Penyalin Cahaya mengisahkan Suryani alias Sur, mahasiswi yang kehilangan beasiswanya setelah swafotonya saat mabuk tersebar ke media sosial. Sur yang tak ingat dengan foto itu kemudian mencoba untuk mengungkap fakta sebenarnya dengan bantuan temannya yang berprofesi sebagai tukang fotokopi. Namun, Sur justru menemukan fakta bahwa dirinya telah mengalami pelecehan seksual.

Film Penyalin Cahaya

Baca Juga: Film Ben dan Jody, Aksi Membela Petani Dari Sebuah Proyek Besar Perusahaan

Sepanjang film ini, kita akan bisa melihat perjuangan Sur dalam mengumpulkan bukti demi bisa mendapatkan kembali beasiswanya. Namun, Sur cuma ditemani oleh Amin dalam melakukan hal tersebut, karena hampir seluruh orang terdekatnya tak percaya, termasuk keluarganya sendiri. Hal ini karena kondisi Sur yang saat swafoto tersebut sedang mabuk sehingga banyak yang menganggapnya tak sadar.

Mirisnya, ketika Sur mengetahui telah menjadi korban pelecehan seksual, masih tak ada juga yang berpihak kepadanya. Ayah dari Sur menganggap hal itu sebagai kesalahan anaknya yang mabuk-mabukan, sementara pihak kampus justru cari aman buat menjaga nama mereka. Sekalinya mendapat dukungan dan bukti yang kuat, Sur tetap kalah dengan pelaku yang punya “power” lebih hebat darinya.

Kisah Sur tentunya terbilang mirip dengan perjuangan para penyintas kekerasan seksual dalam Indonesia yang sangat sulit buat mencari keadilan. Mereka terkadang harus berjuang sendiri tanpa bantuan pihak instansi yang seharusnya mendampingi mereka atau menunggu sampai kasusnya viral. Namun, perjuangan mereka juga terkadang jadi sia-sia, karena sang pelaku yang lebih punya kuasa seperti yang dialami Sur.

Film Penyalin Cahaya

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Ari Wibowo Meninggal Dunia: Hoaks

Jumat, 13 Mei 2022 | 21:00 WIB

Lirik Lagu Jangan Salahkan Siapa - Pance Pondaag

Rabu, 23 Maret 2022 | 11:00 WIB

Fakta Terbaru Jet Pribadi Milik Juragan 99

Rabu, 23 Maret 2022 | 10:30 WIB

Lirik 'Esolo Nai Rozi-Rozi Mbu' - Fati Zebua

Minggu, 20 Maret 2022 | 19:11 WIB
X