• Selasa, 19 Oktober 2021

Yuk Kenali 4 Kriteria Warna pada Aplikasi PeduliLindungi

- Rabu, 15 September 2021 | 17:45 WIB
Kenali 4 Kriteria Warna pada aplikasi PeduliLindugi . (Instagram.com/@clickskytech)
Kenali 4 Kriteria Warna pada aplikasi PeduliLindugi . (Instagram.com/@clickskytech)

STRATEGI.ID – Sempat beredar berita bohong atau hoax dengan judul “Cuma di RI, Ribuan Orang Positif Covid Jalan di Mal,” Menurut Akademisi Universitas Indonesia, Ade Armando, judul berita tersebut berlebihan dan meyesatkan. Berita sebenarnya pada awal September 2021 masyarakat diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk diteksi dini orang yang terpapar COVID 19.

Baca Juga: Banyak Siswa Belum Terbiasa Prokes, Gubernur Jawa Tengah Minta Patroli Satgas Covid Diintensifkan

Dalam kanal YouTube Cokro TV, Ade Armando menjelaskan, Menteri Kesehatan mengatakan sebanyak 3.839 orang yang masuk kategori hitam dalam diteksi aplikasi PeduliLindung. Mereka yang terditeksi masuk kategori atau kriteria hitam, jelas disuruh kembali ke rumah atau tidak diijinkan untuk masuk ke mal atau tempat keramaian publik lainnya. Apa sih kategori atau kriteria hitam dalam aplikasi PeduliLindungi itu? Yuk kita simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

Dilansir dari akun Instagram resmi Divisi Humas Mabes Polri @divisihumaspolri, ini dia 4 Kriteria Warna di Aplikasi PeduliLindungi:

Hitam, kriteria warna hitam dalam aplikasi PeduliLindungi menunjukan pemilik aplikasi terkonfirmasi positif COVID 19. Memiliki Riwayat kontak erat dengan pasien COVID 19. Juga tidak diperbolehkan beraktivitas di tempat umum.

Baca Juga: Kemenkes: PeduliLindungi Dapat Digunakan Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri

Merah, berarti pemilik aplikasi belum divaksinasi COVID 19. Dalam kondisi atau tengah terpapar COVID 19. Dalam kondisi ini, pemilik juga tidak diperbolehkan untuk berada atau masuk ke tempat umum.

Kuning/Oranye, menyatakan bahwa si pemilik aplikasi sudah divaksin dosis pertama. Walaupun baru divaksinasi tahap pertama, pemilik aplikasi sudah boleh berada atau masuk ke tempat umum. Namun diperlukan verifikasi lebih lanjut untuk memastikan pemilik aplikasi benar-benar bebas dari COVID 19.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Sumber: Humas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Penerima BSU Subsidi Gaji

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:35 WIB
X