• Minggu, 23 Januari 2022

Vaksin Covid 19 Gratis, Ombusman : PCR Seharusnya Bisa Gratis

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 18:30 WIB
 (Michael Kretzschmar dari Pixabay )
(Michael Kretzschmar dari Pixabay )

STRATEGI.ID - Jika vaksin Covid-19 diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat, maka tes laboratorium polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid-19 di Indonesia semestinya juga bisa digratiskan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi mengumumkan tarif terbaru harga tes PCR Covid-19, yakni maksimal Rp275 ribu untuk wilayah Jawa-Bali.

Penetapan tarif ini dilakukan setelah adanya evaluasi terhadap komponen-komponen tes PCR, seperti layanan, harga reagen, dan biaya administrasi overhead.

Baca Juga: Ketua Umum Partai Nusantara Dr Suriyanto SH.MH.MKn, Beri Pernyataan Sambut Pemilu 2024

Anggota Ombudsman RI Robert Endi Jaweng berpendapat, pemeriksaan PCR adalah bagian dari upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Demikian pula dengan vaksinasi Covid-19.

"Bahasa gratis itu bukan bahasa yang tepat dalam konteks barang publik tapi, ya untuk mempermudah pemahaman karena satu sisi ada program vaksin, PCR juga program," kata Robert dalam diskusi daring, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Dr Tirta: Saya Tidak Peduli Cuan Bisnisnya, Tapi Kebijakan PCR Jangan Setengah-setengah!

Namun Robert memahami bahwa kondisi pemerintah yang mungkin tengah mengalami keterbatasan keuangan sehingga penerapkan PCR menjadi berbayar.

Meski negara dalam kondisi demikian, ia menegaskan harus ada titik temu terkait masalah harga yang diterapkan. Pemerintah juga harus mengajak DPR berdiskusi terkait hal tersebut.

Baca Juga: Kemenkes: Tarif Tes RT PCR Turun Menjadi Rp 275000

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Perdanakususma ditutup mulai 26 Januari

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:00 WIB
X