• Minggu, 23 Januari 2022

Mancaliak Tuah Ka Nan Manang, Maambiak Contoh Ka Nan Sudah, Manuladan Ka Nan Baiak

- Jumat, 12 November 2021 | 20:00 WIB
Mancaliak Tuah Ka Nan Manang, Maambiak Contoh Ka Nan Sudah, Manuladan Ka Nan Baiak (Ilham Sijori)
Mancaliak Tuah Ka Nan Manang, Maambiak Contoh Ka Nan Sudah, Manuladan Ka Nan Baiak (Ilham Sijori)

STRATEGI.ID - Judul tulisan diatas adalah sebuah petuah dalam bahasa minang, yang artinya kurang lebih sebagai berikut, “Melihat tuah kepada yang menang, mengambil contoh sama yang sudah berbuat, bertauladan kepada yang baik-baik.” 

Masyarakat Minangkabau seperti masyarakat suku Melayu lain nya, sangat kaya dengan petuah-petuah dan petatah-petitih yang berisikan nasehat-nasehat dari berbagai sektor kehidupan baik dalam berkeluarga, bermasyarakat maupun bernegara. 

Baca Juga: Kehidupan Dory Harsa Suami Nella kharisma Usai Pindah Agama

Makna yang tersirat dari kata “mancaliak tuah ka nan manang,” adalah jika kita ingin sukses maka kita harus belajar dari para pemenang karena para pemenang tersebut pasti telah melalui proses yang benar, teratur, terstruktur dan terukur. 

Misalnya dalam konteks kepemimpinan Indonesia masa depan, apa mungkin kita dengan sukarela menyerahkan kedaulatan kita kepada orang-orang yang secara empiris hampir selalu kalah dalam berkompetisi baik di level eksekutif maupun legislatif?

Baca Juga: Butuh Mobil Keluarga dengan Harga Terjangkau? Daihatsu Xenia Seharga Rp100 Jutaan Mungkin Bisa jadi Pilihan

Selanjutnya makna dari kata, “maambiak contoh ka nan sudah” adalah jika ingin sukses tirulah kiat-kiat yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang sukses dibidangnya masing-masing. Untuk bisa dapat mencapai kesuksesan di suatu bidang.

Sudah barang tentu ada kiat-kiat yang dipakai sebagai strategi untuk keluar dari masalah yang timbul atau akan timbul sebagai salah satu konsekuensi dari sebuah tindakan yang diambil. Agak janggal rasanya jika ada orang yang tidak mau belajar pada kesalahan-kesalahannya dimasa lalu dan malah terkesan menikmati kegagalan demi kegagalan yang dialaminya.

Baca Juga: Survei SMRC : Tingkat Ketidakpuasan Etnis Minang Terhadap Kinerja Jokowi-Ma'ruf Paling Rendah

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Perdanakususma ditutup mulai 26 Januari

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:00 WIB
X