• Sabtu, 29 Januari 2022

Indonesia Terlibat ‘Arm Race’ dengan AS: F-35 Ditandingi Radar Vera NG

- Senin, 6 Desember 2021 | 14:00 WIB
Indonesia nampaknya akan terlibat 'arm race' dengan AS. Radar Vera NG sudah dibeli, dan lokasi pemasangan belum diketahui. Tugasnya, menanggkal F-35 butan AS.  (https://sosok.grid.id/)
Indonesia nampaknya akan terlibat 'arm race' dengan AS. Radar Vera NG sudah dibeli, dan lokasi pemasangan belum diketahui. Tugasnya, menanggkal F-35 butan AS. (https://sosok.grid.id/)

STRATEGI.ID Indonesia bersiap ambil bagian dalam ‘arm race’ atau perlombaan senjata. Tak tanggung-tanggung, kali ini Indonesia mempersiapkan diri berhadapan dengan Amerika Serikat (AS).

Indonesia telah melihat AS yang memamerkan kehebatan pesawat tempur F-35. Disebut-sebut, F-35 merupakan pesawat tempur siluman terbaik saat ini. 

Untuk klas pesawat tempur siluman, F-35 dijual dengan harga yang tak terlalu mahal. Indonesia pun sempat dikabarkan tertarik untuk memiliki pesawat tempur pabrikan Locheed Martin itu.

Baca Juga: AS Serius Lakukan Perimbangan Kekuatan Militer di Pasifik Barat, Australia Raih Keuntungan Strategis

Layaknya pesawat siluman, F-35 mempunyai sistem anti deteksi radar. Sehingga, tidak mudah dideteksi oleh radar musuh. Kecanggihan sistem anti radar F-35, membuat ia disebut sebagai pesawat tempur teknologi masa depan.

Namun kecanggihan F-35 mendapatkan penantang baru dalam ‘Arm Race.’ Perusahaan Alat Sistem Utama Persenjataan (Alutsista) Omnipol Group asal Ceko, telah membuat sistem penangkal F-35.

Radar pasif Vera NG, itulah nama penangkal F-35 buatan Ceko. Indonesia dikabarkan telah membeli radar Vera NG tersebut.

Baca Juga: Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II Tanggulangi Erupsi Gunung Semeru

Vera NG diinformasikan memiliki kemampuan mendeteksi pesawat tempur jenis F-35 dan J-20 buatan China. Dan merupakan Passive Surveilence ESM Tracker Radar.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Sumber: Zona Jakarta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Perdanakususma ditutup mulai 26 Januari

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:00 WIB
X