• Sabtu, 29 Januari 2022

Dirjen Minerba KESDM Apresiasi Model Tambang Rakyat PTNHM

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 18:00 WIB
Dirjen Minerba KESDM Apresiasi Model Tambang Rakyat PTNHM (@KemenESDM)
Dirjen Minerba KESDM Apresiasi Model Tambang Rakyat PTNHM (@KemenESDM)

STRATEGI.ID - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Ridwan Djamaluddin mengapresiasi model tambang rakyat (Tambang Rakyat Gosowong/ TRG) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) dan berkesempatan bertemu langsung dengan para penambang rakyat tersebut saat  berkunjung ke tambang emas Gosowong PTNHM di Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis, (09/12/21).

Siaran pers PTNHM menyebutkan, Dirjen berkunjung ke Gosowong bersama Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Minerba, Prof. Irwandi Arif, Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba/ Kepala Inspektur Tambang, Lana Saria dan Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, Sugeng Mujiyanto. Juga datang berkunjung Direktur Utama PT Antam, Dana Amin beserta jajaran serta didampingi Presiden Direktur PTNHM Robert Nitiyudo Wachjo dan jajaran Manajemen.

Dirjen menyampaikan PTNHM telah melakukan banyak terobosan setelah diambil alih oleh Indotan seperti memperpanjang umur tambang, memberikan dampak royalti kepada negara dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat lingkar tambang maupun kepada daerah ini. Penerapan TRG adalah inisiatif sangat bagus dari Manajemen PTNHM untuk memberikan nilai lebih kepada masyarakat lingkar tambang.

Baca Juga: 7 Manfaat Protein Untuk Tubuh, Salah Satunya Membentuk Sumber Energi Bagi Tubuh

Dirjen melihat langsung dari udara lokasi tambang emas Gosowong serta TRG dan sekaligus bertemu dengan anggota TRG.

Para penambang rakyat anggota TRG menyampaikan apresiasi kepada Manajemen PTNHM dan Pemerintah atas kesempatan yang diberikan kepada mereka untuk menambang secara resmi.

Mereka menyampaikan bahwa sekarang kehidupan mereka jauh lebih baik dengan penghasilan yang meningkat.

Dirjen juga mendengar langsung tentang lingkungan para penambang rakyat terjaga dengan baik seperti sungai yang tidak keruh, sedimentasi juga normal serta kesehatan yang terpantau dengan baik.

Baca Juga: 4 Artis Tidak Takut untuk Masuk Neraka, Salah Satunya Nikita Mirzani yang Gue Penting Happy

"Jika penambang rakyat dikelola dengan baik dan bermitra dengan perusahaan maka lingkungan akan terjaga dengan baik” kata Dirjen.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Perdanakususma ditutup mulai 26 Januari

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:00 WIB
X