• Sabtu, 13 Agustus 2022

Nasibmu Kini Hutan Papua, Negara tak Untung , Masyarakat Gigit Jari

- Minggu, 19 Desember 2021 | 14:45 WIB
Ilustrasi Indahnya Hutan papua namun saat ini menjadi Ironi Hutan Hilang di Tanah Papua namun Negara Tak Untung bahkan Masyarakat Buntung ( MartinPhotography dari pixelbay)
Ilustrasi Indahnya Hutan papua namun saat ini menjadi Ironi Hutan Hilang di Tanah Papua namun Negara Tak Untung bahkan Masyarakat Buntung ( MartinPhotography dari pixelbay)

STRATEGI.ID - Berpuluh tahun lalu, permadani hijau di hutan Papua bersulam ragam flora menghampar luas, meliuk-liuk di sela puncak gunung yang tinggi.

Di dalam jenggala hijau hutan Papua seluas 34 juta hektare itu terdapat beragam jenis fauna yang terus berkembang biak.

Bahkan burung-burung surga, Cenderawasih, memilih ‘rumahnya’ di hutan Papua.

Tapi cerita hutan Tanah Papua kini tidak sebegitu indah lagi. ‘Sekeping surga yang jatuh ke bumi’ itu mulai mengikis. Burung-burung surga pun perlahan-lahan terusir dari rumahnya.

Luas tutupan hutan Tanah Papua menyusut. Laju deforestasi terus bertambah dari tahun ke tahun. Selama kurun 2001 – 2019, luas hutan yang hilang lebih 663,4 ribu hektare.

Baca Juga: Mengenal Profil Rifa Handayani, Perempuan Cantik yang Sedang Melaporkan AH atas Kasus Ancaman dan Intimidasi

Pemerintah terlampau ringan tangan melepas kawasan hutan kepada industri perkebunan di samping maraknya pembalakan liar di kawasan tutupan hutan. Tidak terkecuali kawasan yang memiliki tutupan hutan yang baik, bahkan seringkali hutan primer.

Contohnya pelepasan kawasan hutan untuk perkebunan di Provinsi Papua. Ada lebih dari 951 ribu hektare lahan konsesi perkebunan sejak 2000. Dari jumlah tersebut, 447 ribu hektare di antaranya hutan primer.

Forest Campaigner Greenpeace Indonesia Sekar Banjaran Aji mengatakan, pelepasan kawasan hutan itu tidak lepas dari kuatnya cengkeraman para pemodal kelas kakap di industri perkebunan hingga membuat pemerintah tidak berkutik.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi VI Soroti Sistem Kelistrikan di Aceh

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Akademi Bali United Menangkan Pertandingan Uji Coba

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:05 WIB

Presiden Jokowi ke China Temui Xi Jinping

Senin, 25 Juli 2022 | 21:10 WIB

Istri Tentara di Semarang, Dibuntuti Lalu Ditembak

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:30 WIB

Debut Yang Baik Untuk Tiga Pemain Baru Bali United

Selasa, 14 Juni 2022 | 12:54 WIB
X