Jawa Barat Kini Punya Kurikulum Antikorupsi dan Pertama di Indonesia

- Kamis, 24 Maret 2022 | 09:30 WIB
Siswa pelajar tatap muka  (www. beritajakarta.id)
Siswa pelajar tatap muka (www. beritajakarta.id)

STRATEGI.ID-Sekolah di Jawa Barat akan menerapkan pendidikan kurikulum  antikorupsi.

Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang mencanangkan kurikulum antikorupsi di sekolah. Program tersebut merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menuturkan, rencananya kurikulum antikorupsi akan diluncurkan pada Rabu, 23 Maret 2022.

Jawa Barat satu-satunya provinsi yang telah berhasil membuat kurikulum antikorupsi di sekolah untuk level SMA, SMK, dan SLB.

Baca Juga: Akibat Perselisihan, Pasutri di Nias Selatan Nekat Bunuh Diri

Kurikulum pendidikan antikorupsi yang sudah dibuat akan diimplementasikan melalui mata pelajaran PPKn. Penerapan kurikulum antikorupsi merupakan salah satu instruksi yang dilaksanakan sesusai amanat G20. Para jaksa pun siap mengajar langsung ke sekolah dengan dua skema.

Kadisidik menambahkan, akan ada dua skema proses pengajaran yang dilakukan jaksa ke sekolah.

"Pertama, skema per wilayah melalui cabang dinas pendidikan atau (kedua) top down dari Kejati di wilayah. Nanti akan ada LO (naradamping) yang kita siapkan untuk menjadwalkannya," kata Dedi melalui siaran pers, Selasa, 22 Maret 2022.

Kepala Kejati Jabar Asep Mulyana menjelaskan, di samping menyiapkan kurikulum antikorupsi, Kejaksaan telah menyiapkan berbagai macam pendekatan, seperti pemilihan duta integritas di sekolah. Kejati juga akan membuat satgas pendidikan antikorupsi.

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Debut Yang Baik Untuk Tiga Pemain Baru Bali United

Selasa, 14 Juni 2022 | 12:54 WIB

3 Pilar PSS Sleman Sudah Kembali Bergabung

Sabtu, 11 Juni 2022 | 10:02 WIB
X