Dua Wilayah Ukraina Ingin Gabung Rusia, Apa Penyebab ?

- Minggu, 3 April 2022 | 17:00 WIB
Wilayah Separatis Ukraina, Luhansk, Kemungkinan akan Bergabung dengan Rusia. (pexels/Mathias P.R. Reading)
Wilayah Separatis Ukraina, Luhansk, Kemungkinan akan Bergabung dengan Rusia. (pexels/Mathias P.R. Reading)

STRATEGI.ID - Kelompok separatis yang menguasai Donetsk di timur Ukraina, Republik Rakyat Donetsk ingin  gabung dengan Rusia. Pemimpin Republik Rakyat Donetsk, Denis Pushilin, mengatakan pihaknya mempertimbangkan bergabung dengan Rusia ketika Moskow berhasil menduduki seluruh wilayahnya.

“Mengenai bergabung dengan Federasi Rusia, seperti keinginan dan aspirasi, kami memang telah berkeinginan untuk bergabung dengan wilayah Rusia jika dilacak sejak 2014 lalu,” kata Pushilin kepada Kantor Berita Donetsk.

“Tapi sekarang PR utamanya adalah mencapai batas konstituional republik ini. Kemudikan kami akan menentukan itu,” tambahnya.

Baca Juga: Banyak Simbol Yang Digunakan Oleh Rusia Pada Saat Melakukan Invansi ke Ukraina, Berikut Artinya

Dikutip Reuters, pernyataan Pushilin itu muncul dua hari setelah pemimpin wilayah separatis lainnya, Luhansk, berencana menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia

Berbicara kepada wartawan pada Minggu, Pemimpin LPR Leonid Pasechnik mengatakan dia berpikir, "Dalam waktu dekat referendum akan diadakan di republik, di mana orang akan menggunakan hak konstitusional mereka yang mutlak, dan memberikan pendapat mereka sehubungan dengan bergabung dengan Rusia."

Tiga hari sebelum melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengakui Luhansk dan Donetsk sebagai negara merdeka.

Baca Juga: Tentara Bayaran Rusia Dibayar 717 Juta, Siap Mati Hadapi Ukraina

Warga di timur Ukraina, terutama Donetsk dan Luhansk memang dikenal lebih dekat dengan kultur Rusia. Sebagian besar warga bahkan fasih berbicara Bahasa Rusia.

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Debut Yang Baik Untuk Tiga Pemain Baru Bali United

Selasa, 14 Juni 2022 | 12:54 WIB

3 Pilar PSS Sleman Sudah Kembali Bergabung

Sabtu, 11 Juni 2022 | 10:02 WIB
X