• Minggu, 23 Januari 2022

Luhut: Tingkatkan Whole Genome Sequencing untuk Cegah Varian Omicron

- Rabu, 1 Desember 2021 | 08:00 WIB
Varian baru virus Covid Omicron.  (NIKKEI)
Varian baru virus Covid Omicron. (NIKKEI)

STRATEGI.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan memastikan pemerintah akan meningkatkan Whole Genome Sequencing guna mencegah varian Omicron Covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, pejabat Afrika Selatan mengumumkan, berdasarkan hasil pengurutan genom oleh National Institute for Communicable Diseases (NICD) yang dikelola pemerintah setempat, telah muncul varian baru virus corona B.1.1.529 sebanyak 22 kasus di negara mereka.

NICD mengatakan, virus ini pertama kali terdeteksi di Bostwana dengan persentase dari hasil orang yang dites positif, menunjukkan terjadi peningkatan penyebaran yang cepat di tiga provinsi negara tersebut.Whole Genome Sequencing (WGS) sendiri merupakan kegiatan pengurutan genom (struktur) virus yang menyebar dan menginfeksi beberapa orang dalam satu wilayah.

Baca Juga: ​Link Streaming Jadwal Liga Inggris Tengah Pekan 1-3 Desember 2021, Ada Duel Akbar Manchester United vs Arsena

Dengan melakukan cara ini, pemerintah dapat menempuh berbagai langkah untuk mencegah masuknya varian baru virus tersebut.

"Tidak perlu terlalu takut atau terburu-buru untuk bereaksi karena masih banyak yang kita tidak tahu dan tidak paham mengenai Omicron ini," kata Luhut.

Dengan adanya kerja sama internasional, dibutuhkan satu hingga dua pekan untuk bisa memahami lebih baik terkait efek varian Omicron. Khususnya terhadap infeksi alamiah yang terbentuk dari efek vaksin dan antibodi.

Baca Juga: Publikasi Di Jurnal Ilmiah Saat Ini Menjadi Keharusan Bagi Dosen dan Peneliti

"Mengingat ada banyaknya mutasi terjadi pada area receptor binding domain, bagian dari virus yang untuk mengikat sel yang akan diinfeksi, yang biasanya dijadikan sasaran bagi antibodi untuk mengenali virus Covid-19," jelas Luhut.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panglima AL Mundur Usai Beri Dukungan Kepada Putin

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:30 WIB

70 Orang Tewas, Pasca Serangan Koalisi Saudi Di Yaman

Sabtu, 22 Januari 2022 | 02:43 WIB

Paus Fransiskus: Vaksinasi Covid 19 adalah Tanda Cinta

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:30 WIB
X