• Kamis, 11 Agustus 2022

Tempe Indonesia yang Mendunia dan Siap 'Invasi' AS, Salah Satunya Pedagang 'Bos Tempeh' di Somersworth

- Rabu, 23 Maret 2022 | 13:30 WIB
Tempe “BosTempeh” di kota Somersworth, New Hampshire hadir dengan citarasa Indonesia Amerika di Pasar AS (https://bostempeh.com/)
Tempe “BosTempeh” di kota Somersworth, New Hampshire hadir dengan citarasa Indonesia Amerika di Pasar AS (https://bostempeh.com/)

STRATEGI.ID - Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan makanan Tempe, makanan asli Indonesia ini seolah olah menjadi makanan khas 'Bangsa' ini.

Dengan manfaat dan potensi Tempe menjadi sangat dikenal di penjuru dunia.

Seiring dengan semakin berkembangnya tren vegetarian dan vegan, semakin banyak pula anggota masyarakat yang ingin beralih pada makanan sehat berbasis nabati.

Baca Juga: Lirik Lagu Jangan Salahkan Siapa - Pance Pondaag

Tren demikian memungkinkan semakin lebarnya peluang untuk memperkenalkan dan memperluas pasar tempe yang memiliki cita rasa, warna, aroma, dan tekstur seperti yang biasa ditemukan di Indonesia.

Karena kerinduan akan tempe otentik Indonesia dan prospek popularitas yang semakin berkembang itulah, beberapa anggota diaspora Indonesia membuka usaha sebagai pengusaha tempe di Amerika.

Pembuatan tempe di belahan bumi utara seperti di Amerika sangat menantang karena empat musim dengan cuaca ekstrem, terutama selama musim dingin ketika kelembaban tidak menentu dan suhu udara sering mencapai titik di bawah nol derajat Celcius.

Baca Juga: Fakta Terbaru Jet Pribadi Milik Juragan 99

Namun, tempe menjanjikan bisnis yang prospektif, terutama di tempat-tempat di mana terdapat konsentrasi diaspora Indonesia dan seiring dengan tren semakin banyaknya warga Amerika yang ingin berpaling dari daging ke sumber protein berbasis tanaman (nabati) atau bahkan menjadi vegan dan vegetarian.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X