• Rabu, 5 Oktober 2022

Kapal Perang AS dan Kanada Masuk Selat Taiwan, China Waspada

- Kamis, 22 September 2022 | 19:20 WIB
Kapal perang AS, kapal penjelajah berpeluru kendali USS 'Chancellorsville' (foto di atas) dan kapal USS 'Antietam' dilaporkan berlayar melalui Selat Taiwan, Minggu 28 Agustus 2022. (Bonsernews.com/Dok/voaindonesia.com/AP)
Kapal perang AS, kapal penjelajah berpeluru kendali USS 'Chancellorsville' (foto di atas) dan kapal USS 'Antietam' dilaporkan berlayar melalui Selat Taiwan, Minggu 28 Agustus 2022. (Bonsernews.com/Dok/voaindonesia.com/AP)

STRATEGI.ID -  Kapal perang AS dan Kanada berlayar melintasi perairan Selat Taiwan di tengah ketegangan yang semakin meningkat antara Beijing dan Taipei. Aktivitas yang disebut transit rutin itu menuai kecaman dari pemerintah China.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/09/22), beberapa tahun terakhir, kapal-kapal perang AS, dan terkadang dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, melakukan pelayaran secara rutin melintasi perairan Selat Taiwan.

Aktivitas itu memicu kemarahan China, yang bersikeras mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.

Baca Juga: Pilih Mana Nokia G11 Plus atau Nokia C31? Handphone Yang Memiliki Kapasitas Baterai Besar dan Kamera Jernih

Dalam sebuah pernyataan, AS menuturkan kapal penghancur rudal jelajah Higgins dan kapal fregat Kanada Vancouver melakukan transit di Selat Taiwan. Kapal AS itu berada di kelas Arleigh Burke, sementara kapal Kanada berada di kelas Halifax.

"Kerja sama seperti ini menunjukkan poin pusat dari pendekatan kami menuju wilayah yang aman dan makmur," demikian pernyataan dari AL AS, dikutip dari Reuters.

Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand mengatakan bahwa Kanada, sebagai negara Pasifik, sangat berkomitmen untuk menegakkan stabilitas dan kemakmuran global di wilayah Indo-Pasifik.

Baca Juga: KPK Kembali Melakukan OTT di Makamah Agung, Sasarannya Panitera Muda

"Transit rutin di Selat Taiwan hari ini menunjukkan komitmen kami terhadap Indo-Pasifik yang bebas, terbuka dan inklusif," kata Anand dalam sebuah pernyataan.

Halaman:

Editor: Mochamad Rizki Damanhuri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besok Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Ini Prosesinya

Minggu, 18 September 2022 | 15:46 WIB
X