Ini Aturan Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar

- Selasa, 29 November 2022 | 21:45 WIB
Pemain Portugal merayakan kemenangan saat bertemu Uruguay.
Pemain Portugal merayakan kemenangan saat bertemu Uruguay.

STRATEGI.ID - Piala Dunia Tahun 2022 segera menyelesaikan matchday (laga-red) kedua. Persaingan dalam setiap masing-masing grup semakin ketat untuk menuju 16 besar.

Semua tim berjuang maksimal untuk memperebutkan tempat 16 besar. Hanya setengah tim yang bakal mendapat kesempatan mentas di fase selanjutnya.

Mereka yang menghuni posisi pertama dan kedua klasemen bakal dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Sejauh ini, hanya baru Prancis, Portugal, dan Brasil yang berhasil mengamankan dirinya lolos ke 16 besar.

Baca Juga: Pemain Terbaik Laga Portugal vs Uruguay: Bruno Fernandes dengan Gol Perdananya di Piala Dunia

Mengutip dokumen resmi FIFA terkait aturan di Piala Dunia 2022, peringkat peserta dalam klasemen tiap-tiap grup akan mengacu pada tiga aspek, yakni jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol.

Artinya, tim yang paling banyak mendapatkan poin setelah menjalani tiga laga penyisihan bakal menghuni urutan teratas klasemen. Jika terdapat lebih dari satu tim dengan torehan angka serupa, pemeringkatan akan ditentukan berdasarkan selisih gol.

Apabila hasil sama masih diperoleh dengan dua cara tersebut, maka produktivitas gol-lah yang akan berbicara untuk menentukan peringkat peserta. Tim dengan jumlah gol terbanyak berhak menempati posisi yang lebih tinggi.***

Editor: Berry Nuryaman Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X