• Sabtu, 22 Januari 2022

Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Gelar Penyuluhan KB

- Selasa, 28 September 2021 | 16:00 WIB
Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Gelar Penyuluhan KB (Dok pen kodim hst)
Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Gelar Penyuluhan KB (Dok pen kodim hst)

STRATEGI.ID - Pada kegiatan Non Fisik TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) menyasar tentang Keluarga Berencana (KB) Kesehatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Satgas TMMD Kodim HST dengan menggandeng Puskesmas Kasarangan, yang dilangsungkan di Gendung Serbaguna, Desa Rantau Keminting, Kecamatan Labuan Amas Utara. Senin (27/09/21).

Rahidatul Juana, Kasi KB Puskesmas Kasarangan selaku narasumber mengatakan, Tentunya kita mengucapkan terima kasih kepada TNI karena berkat mereka semua alhamdulillah TMMD kembali digelar di HST bertempat di Desa Rantau Keminting.

Baca Juga: Bapak Upik Nugroho Miliki Rumah layak Huni Berkat TMMD Reg ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo

"Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (non MKJP)."terang Rahidatul Juana, dihadapan peserta penyuluhan KB Kesehatan

"MKJP merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakan, karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP),"imbuhnya.

Baca Juga: Dandim 1002/HST Tinjau Kesiapan Pembukaan di Lokasi Pra TMMD

"Kebanyakan masyarakat masih banyak menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek, padahal alat KB jangka pendek risiko kegagalannya cukup tinggi," tambahnya.

"Kami hanya bisa menyarankan itu semua, keputusan ada ditangan masing - masing,"tandasnya.

Baca Juga: Serbuan Vaksin Digelar Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST, 235 Warga Berhasil Divaksin

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X